Sandiaga Tetap All Out Dukung Ganjar meski Tak Jadi Cawapres

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno saat menyapa para kader PPP Sumatera Barat di Hotel Kyriad Bumi Minang, Kota Padang, Sabtu, 9 September 2023.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Uno mengaku akan tetap mendukung penuh bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo meski dirinya tak dipilih menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres). 

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Diketahui, nama Sandiaga bersaing ketat dengan Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa untuk diperhitungkan dan dipilih sebagai cawapres Ganjar. 

"Innamal a'malu binniyat (sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya), jadi semuanya dimulai dari niat. Saya berniat bergabung di PPP ini untuk bagaimana bisa mendorong ekonomi hijau," kata Sandiaga Uno kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 2 Oktober 2023. 

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

"Saya all out mendukung Pak Ganjar. Ini sudah diputuskan Rapimnas V PPP dan Rapimnas VI. Kan saya bilang ada 3G, satunya adalah Ganjar. Tapi harus kita gercep, geber dan gaspol," katanya. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi
Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Sejak awal, Sandiaga menyebutkan, dirinya terjun ke dunia politik bukan untuk mencari kekuasaan dari jabatan semata. Melainkan dirinya ingin bermanfaat bagi masyarakat luas. 

"Saya pertama berpolitik itu bukan untuk mencari kekuasaan, alhamdulillah Allah berikan begitu banyak karunia di dunia usaha, saya ada di politik ini karena saya ingin (memberikan) pengabdian dan pengorbanan," kata Sandiaga.

PDIP Ingin Keruk Suara di Jawa Timur 

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno punya peluang jadi pendamping Ganjar Pranowo di kontestasi Pilpres 2024.

Tak hanya Sandiaga, nama Menko Polhukam RI, Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga disebut sebagai kandidat cawapres Ganjar Pranowo. Kedua nama itu bahkan disebut telah dikantongi oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Nama-nama sekarang yang beredar sebagai bacawapresnya Mas Ganjar punya kesempatan sama. Punya kelebihan tertentu yang saling memenuhi kalau nantinya ada kekurangan dari Mas Ganjar," ujar Puan Maharani kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 30 September 2023.

Menurut Puan, saat ini, internal tengah mempertimbangkan sejumlah nama yang akan menjadi pendamping Ganjar itu. "Kita sedang pertimbangkan," ujar Ketua DPR tersebut.

Lantas, disinggung Mahfud dan Khofifah untuk menggaet suara di Jawa Timur, Puan menyebutkan, kedua sosok itu memang berasal dari daerah itu.

"Jadi, memang mempunyai ceruk suara masing-masing. Ya, itu juga menjadi pertimbangan dan tentu saja calon presiden yang ada mempertimbangkan hal tersebut termasuk PDIP," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya