SBY dan Jokowi Bertemu di Istana Bogor, Demokrat Kasih Bocoran

Presiden Jokowi saat menerima SBY di Istana Merdeka, beberapa tahun lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo Bruri Sasmito

Jakarta - Kedatangan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Istana Bogor untuk menemui Presiden RI Jokowi jadi perhatian. Isunya SBY yang merupakan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu bahas Pilpres 2024 dengan Jokowi.

Menunggu Diresmikan Jokowi dan Elon Musk, Ini Keistimewaan Starlink

Terkait itu, Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani menyebut pertemuan dua tokoh itu sebagai silaturahmi kebangsaan.

"Pertemuan dua Presiden, Presiden RI ke-6 Pak SBY dan Presiden Jokowi tentu yang dibicarakan terkait politik kebangsaan dan politik kenegaraan," kata Kamhar, saat dikonfirmasi VIVA, Senin malam, 2 Oktober 2023.

Elon Musk Jangan PHP Indonesia Lagi

Baca Juga: Akbar Faizal Sebut Ada Parpol Mau Keluar Koalisi Gegara Tak Dianggap, Siapa?

SBY di Rapimnas Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jokowi Instruksikan Puluhan Ribu Kontainer yang Nyangkut di Pelabuhan Segera Dikeluarkan

Kamhar tak menafikan kedatangan SBY ke Istana Bogor membahas kepentingan Pilpres 2024. Namun, ia tak bicara gamblang soal itu," tuturnya.

"Silaturahmi ini kami yakini akan memberi dampak positif membuat dinamika politik menjadi lebih teduh dan sejuk.

Lantas, terkait isu SBY bawa misi rayu Jokowi untuk menangkan Prabowo Subianto di 2024, Kamhar menjawab diplomatis. "Ini silaturahmi kebangsaan antara Presiden RI ke-6 dengan Presiden Jokowi," jelas Kamhar.

Prabowo Subianto dan Ketum Demokrat AHY saat Rapimnas Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pertemuan SBY dan Jokowi di Istana Bogor dilakukan secara tertutup. Terlihat, Jokowi sempat mengantarkan SBY ke mobil warna hitam usai pertemuan. SBY tampak memakai baju batik lengan panjang.

Adapun arah Partai Demokrat saat ini bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo sebagai bakal capres 2024. Sikap dukungan Demokrat ke Prabowo dideklarasikan melalui Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas pada Kamis, 21 September 2023.

Selain Demokrat, poros KIM terdapat Gerindra, Golkar, PAN. Kemudian, ada beberapa parpol non parlemen seperti Gelora, PBB, Garuda, dan Prima.

Langkah Demokrat gabung ke poros Prabowo karena kecewa di Koalisi Perubahan dan Persatuan yang mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres. Demokrat merasa dikhianati oleh Anies dan Nasdem terkait urusan bakal cawapres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya