Bantah Mentan SYL 'Menghilang', Nasdem: Ada Giat Lain, Pulang ke Indonesia 5 Oktober

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat diperiksa KPK sebagai saksi pada Juni 2023.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Nasdem Ahmad Sahroni membantah Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL “menghilang” di Eropa. Sahroni memastikan, Syahrul bakal kembali ke Indonesia pada Kamis 5 Oktober 2023. 

Alex Marwata Bela Nurul Ghufron, Yakini Rekannya Tak Langgar Etik

"Pak Mentan lagi ada giat lain yang memang sudah terjadwal. Tapi, Pak Mentan akan masuk Indonesia tanggal 5 Oktober," kata Sahroni kepada awak media, Selasa, 3 Oktober 2023.

Sahroni menerangkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga sudah memerintahkan SYL untuk pulang ke Tanah Air. Kata dia, begitu datang ke Tanah Air, SYL akan menemui Paloh.

Sidang Etik Dewas KPK, Alex Marwata: Komunikasi Nurul Ghufron dengan Sekjen Kementan pada 2022

"Perintah Ketua Umum segera kembali ke Tanah Air. Setelah kembali, Pak Mentan akan menghadap Ketua Umum dahulu," ujar Sahroni.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Photo :
  • DPR RI
Pengakuan Pembunuh Pria Dibungkus Sarung di Tangsel: Saya Menyesal

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan pihaknya saat ini kehilangan kabar atau lost contact dengan Mentan SYL usai dikabarkan jadi tersangka kasus dugaan korupsi. Menurut Harvick, pihaknya masih berupaya mencari keberadaan Mentan. Dia menyampaikan kabar terakhir SYL di Spanyol untuk kunjungan kerja. 

"Betul. Jadi, sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," kata Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Dari pihat Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM juga buka suara. Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim menjelaskan rute perlintasan Mentan SYL yang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri pada akhir September 2023. 

Menurut dia, SYL belum tercatat masuk ke Indonesia usai lakukan kunjungan ke luar negeri. Dia menuturkan, sesuai data perlintasan dan kerja sama antarnegara tercatat bahwa SYL berada di Roma. 

Sementara, kata dia, Syahrul berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk kunjungan kerja ke luar negeri itu pada 24 September 2023. “24 September berangkat ya. Itu kan meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya