Survei Capres Poltracking: Prabowo Teratas Ungguli Ganjar dan Anies

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi bakal capres dengan elektabilitas tertinggi menurut temuan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia. Menteri Pertahanan itu mengungguli dua calon rivalnya yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Prabowo Bocorkan Gaya Kepemimpinannya: Saya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi menjelaskan pihaknya menggelar survei bertajuk 'Kekuatan Politik Elektoral Menuju Pendaftaran Capres - Cawapres 2024'. Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 3 – 9 September 2023.

Dalam survei itu, Prabowo berhasil menempati peringkat pertama dengan elektabilitas 38,9 persen. Kemudian, disusul Ganjar dengan 37 persen dan Anies 19,9 persen.

Kepemimpinannya Dikhawatirkan Bahayakan Demokrasi, Begini Jawaban Blak-blakan Prabowo

“Di survei Poltracking, Prabowo 38,9 persen, Ganjar 37 persen, Anies 19,9 persen, 4,2 responden tidak tahu dan tidak jawab,” kata Arya Budi, dalam paparannya secara daring pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Prabowo Subianto saat hadiri Rapimnas Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mendagri Tito Setuju Sistem Pemilu Dikaji Ulang

Arya menyampaikan, tiga bakal capres itu terhitung mengalami kenaikan elektabilitas dari Juli 2023. Dia menyebut baik Prabowo, Ganjar dan Anies mengalami kenaikan dan bervariasi.

Ia merincikan untuk Prabowo mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 1,4 persen dari semula 37,5 persen pada Juli 2023 menjadi 38,9 persen di September 2023. Lalu, kenaikan Ganjar dari awalnya 35,9 persen menjadi 37 persen. Sementara, Anies 15,3 persen menjadi 19,9 persen.

“Yang penting adalah, di bulan Juli, 3 capres yang menjadi 3 poros utama itu mengalami kenaikan. Tetapi, kenaikan itu bervariasi misalnya jika di Prabowo kenaikannya 1,4 persen dari bulan Juli, Ganjar naiknya 1,1, Anies naiknya 4 persen,” tutur Arya.

Bacapres sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra di Sentul.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Pun, dia menambahkan meski semua capres mengalami kenaikan elektabilitas signifikan. Namun, Prabowo dianggap masih konsisten dibandingkan Ganjar dan Anies. Menurut dia, Prabowo dinilai lebih konsisten kenaikannya dibanding Ganjar yang lebih fluktuatif.

“Meskipun kenaikan Prabowo Subianto cenderung konsisten sementara Ganjar Pranowo lebih fluktuatif,” ujarnya.

Dalam dinamikanya, Prabowo merupakan bakal capres yang didukung poros Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan sokongan Golkar, Gerindra, PAN, dan Demokrat. Di poros KIM ada juga partai non parlemen seperti Gelora, Garuda, dan PBB.

Lalu, Anies Baswedan didukung Koalisi Perubahan untuk Persatuan dengan deretan parpol seperti Nasdem, PKS, dan PKB. Selanjutnya, Ganjar merupakan bacapres jagoan PDIP serta sejumlah parpol lainnya seperti PPP, Hanura, dan Perindo.

Survei terbaru Poltracking Indonesia dilakukan dalam periode 3-9 September 2023. Survei tersebut dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Sebanyak 1.220 responden dilibatkan. Para responden itu merupakan warga yang sudah punya hak pilih atau berusia 17 tahun ke atas.

Pun, survei memiliki margin of error survei berada di +- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan wawancara tatap muka langsung dengan responden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya