Relawan Samawi Deklarasi Dukung Prabowo, Tapi Minta Gibran Jadi Cawapres

Relawan Samawi Deklarasi Dukung Prabowo, Gibran Diharapkan Jadi Cawapres.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia.

Jakarta - Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), telah mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Ketua Umum Samawi, Gus Muhammad Nahdi, mengatakan, dukungan itu diberikan Samawi karena Prabowo sesuai dengan kriteria presiden selanjutnya. Prabowo dinilai memiliki jiwa kepemimpinan yang tegas dan memiliki rasa cinta tanah air. 

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis

"Tadi hingga larut malam para kyai, para gus, ajengan, tuan guru, sudah bulat dalam mufakat bahwa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang tegas. Tetapi juga memiliki rasa cinta yang besar kepada rakyatnya, pemimpin yang berpengalaman mengelola geopolitik, mengantisipasi berbagai perkembangan dunia, namun juga punya ikatan kuat dengan batin masyarakat di akar rumput," ujar Nahdi dalam konferensi pers di Kertanegara 4, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Samawi juga meminta agar Prabowo menggandeng Wali kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden mendampingi dirinya. Merespons hal itu, Prabowo mengatakan bahwa dia akan membawa usulan itu pada forum Koalisi Indonesia Maju (KIM). Untuk KIM sendiri terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • istimewa

"Kita punya kesepakatan adalah ketua umum, ketua umum akan musyawarah, mufakat untuk bersama-sama memutuskan siapa wakil-wakil presiden, jadi itu penting. Saya terima masukan dari saudara-saudara , dan akan saya bawa ke forum koalisi Indonesia maju, yang penting kita akan cari terbaik untuk bangsa Indonesia," kata Prabowo dalam konferensi pers. 

Gerindra Buka Peluang Revisi UU Kementerian Negara: Setiap Pemerintahan Punya Tantangan Berbeda

Prabowo menuturkan, dia memahami bahwa generasi muda ingin berpartisipasi memilih perwakilan dalam berpolitik. Pun, dia sudah mendengar harapan-harapan untuk dirinya dipasangkan dengan Gibran. 

"Saya mengerti, di daerah pun saya mendengar harapan-harapan seperti itu. Tapi saya ingin sampaikan bahwa saya bagian dari Koalisi Indonesia Maju," jelasnya. 

Adapun Ketua Umum Samawi, Gus Muhammad Nahdi, sebelumnya mengatakan bahwa Samawi mendukung Prabowo di Pilpres 2024. Namun, Samawi berharap agar wakil presiden adalah Gibran. 

"Kami berharap Pak Prabowo menggandeng Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presidennya Pak Prabowo, jika nanti Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan atas batas minimal usia capres dan cawapres," ujarnya. 

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Erik Thohir dan Gibran Rakabuming

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Nahdi meyakini, jika keduanya berpasangan akan saling menguatkan. Sebab Prabowo dinilai tegas, dan Gibran merupakan sosok yang inovatif. 

"Kami yakin pasangan ini akan menjadi tunggal yang saling menguatkan Pak Prabowo, yang dedikatif dan tegas, dengan mas Gibran yang inovatif dan mengerti kebutuhan generasinya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya