Muda, Tokoh Milenial dan Anaknya Jokowi Jadi Alasan PBB Ingin Gibran jadi Cawapresnya Prabowo

Gibran Rakabuming Raka saat belajar naik kuda dengan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • istimewa.

Jakarta - Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor, mengungkap secara gamblang alasan pihaknya mendorong Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Selain Gibran, PBB juga mengusulkan Ketua Umumnya Yusril Ihza Mahendra, juga sebagai bakal cawapres Prabowo. Untuk diketahui, PBB sudah mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024. Dan kini bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju bersama Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Partai Gelora dan Partai Garuda.

Salah satu alasan PBB ikut mengajukan GIbran, lantaran Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo.

Nikita Mirzani Bongkar Dugaan Penyiksaan Mantan Pacar: Dijambak, Dibenturkan ke Sofa Selama 30 Menit

"Anak muda, tokoh milenial, kemudian pengalaman di wali kota bagus. Ditambah dia putra Presiden ya kan," kata Afriansyah kepada wartawan, dikutip Senin, 9 Oktober 2023.

Alasan pihaknya mendorong Gibran lantaran anak seorang Presiden juga bukan tanpa sebab. Dorongan itu dilakukan mengingat tingkat kesukaan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi hingga saat ini masih tinggi. 

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

Sehingga, Afriansyah yang juga Wakil Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, itu meyakini hal itu akan berdampak positif bagi majunya Prabowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Anda tahu sendiri Presiden ini tingkat kesukaan rakyat masih di atas 80 persen. Harapan ini tentunya salah satu strategi, kenapa selain Pak Yusril kami mendorong Gibran," jelasnya. 

Meski demikian, Afriansyah menegaskan belum ada nama cawapres yang diputuskan Prabowo. Sejauh ini, Prabowo bersama pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih menggodok nama-nama bakal cawapres itu. 

"Sementara ini masih Mas Gibran, masih semua dibicarakan, belum ada mengerucut dan belum ada yang fix," pungkas Afriansyah.

Prabowo Diminta Gaet Gibran Jadi Cawapres

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Sebelumnya diberitakan, Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), telah mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Ketua Umum Samawi, Gus Muhammad Nahdi, mengatakan dukungan itu diberikan Samawi karena Prabowo sesuai dengan kriteria Presiden selanjutnya. Prabowo dinilai memiliki jiwa kepemimpinan yang tegas dan memiliki rasa cinta tanah air. 

"Tadi hingga larut malam para kiyai, para Gus, ajengan, tuan guru, sudah bulat dalam mufakat bahwa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang tegas. Tetapi juga memiliki rasa cinta yang besar kepada rakyatnya, pemimpin yang berpengalaman mengelola geopolitik, mengantisipasi berbagai perkembangan dunia, namun juga punya ikatan kuat dengan batin masyarakat di akar rumput," ujar Nahdi dalam konferensi pers di Kertanegara 4, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Samawi juga meminta agar Prabowo menggandeng Wali kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden mendampingi dirinya. 

Merespons hal itu, Prabowo mengatakan bahwa dia akan membawa usulan itu pada forum Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

"Kita punya kesepakatan adalah ketua umum, ketua umum akan musyawarah, mufakat untuk bersama-sama memutuskan siapa wakil-wakil presiden, jadi itu penting. Saya terima masukan dari saudara-saudara , dan akan saya bawa ke forum koalisi Indonesia maju, yang penting kita akan cari terbaik untuk bangsa Indonesia," kata Prabowo dalam konferensi pers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya