Jabat Gubernur Lemhanas, Hasto Bilang Andi Sudah Konsultasi ke KPU dan Jokowi Masuk Tim Ganjar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto, telah berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo soal keterlibatannya dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) capres Ganjar Pranowo.

Detik-detik Pria Nekat Hampiri Presiden Jokowi, Mengadu Nasib Usai Gaji 6 Tahun Ditahan Negara

Selain ke Presiden Jokowi, kata dia, Andi juga berkonsultasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.  Proses itu dilakukan Andi yang pernah menjadi Sekretaris Kabinet itu,  jelas Hasto, karena PDIP taat terhadap aturan perundang-undangan.

Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto.

Photo :
  • Dokumentasi Lemhanas.
Pengakuan Mengejutkan Johan Budi soal Revisi UU MK Dibahas Diam-diam di Komisi III DPR

"Sudah konsultasi ke KPU ya mengingat menteri merangkap sebagai capres saja kan juga dimungkinkan di situ. Sehingga sudah, kami ini taat asas. Kami sudah konsultasi kepada KPU dan sebelumnya Mas Andi Widjajanto juga sudah konsultasi kepada Bapak Presiden," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dikutip Kamis, 12 Oktober 2023.

Awalnya, lanjut Hasto, Andi Widjajanto hanya diundang sebagai narasumber dalam rapat tim pemenangan Ganjar. Namun, Andi memiliki kesinambungan dengan Jokowi, sehingga Andi didapuk sebagai Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Pranowo.

Viral Pria di Konawe Hampiri Jokowi, Teriak Gaji 6 Bulan Ditahan Negara saat Diamankan Paspampres

"Mas Andi Widjajanto mengisi posisi Deputi Politik 5.0. Ini merupakan hal yang sangat strategis, sehingga tidak mungkin hal tersebut tanpa dikonsultasikan dengan Bapak Presiden Jokowi," kata dia.

Menurutnya, Andi tetap memastikan Lemhanas netral di Pilpres 2024 mendatang. "Mulai hari ini sudah kerja dan Mas Andi tetap akan menjaga dan memastikan bahwa Lemhanas tetap netral, itu yang paling penting," katanya.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo menggelar rapat ke-6 terkait strategi yang telah dibangun dan persiapan pendaftaran calon dan wakil presiden untuk pemilu 2024 mendatang.

Dalam rapat ke-6 kali ini, Ketua TPN Ganjar Pranowo, yaitu Arsjad Rasjid mengatakan bahwa ada dua sosok yang bergabung ke dalam tim pemenangan. 

Kedua sosok itu adalah Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Andi Widjajanto dan Eks Wakil Kepala BSSN ke-3 dan terakhir menjabat sebagai eks Analis Kebijakan Utama Bidang Politik Baintelkam Polri, Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan.

Adapun Andi Widjajanto akan menjadi Deputi Politik 5.0 dan Komjen Luki Hermawan menjadi Deputi Kinetik Teritorial.

"Ada dua deputi yang saya umumkan hari ini dengan pertimbangan yang bersangkutan adalah seorang tokoh, memiliki kredibilitas dan profesional. Yaitu Deputi Politik 5.0 TPN GP Andi Widjajanto, serta Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan ditunjuk jadi Deputi Kinetik Teritorial TPN GP," kata Arsjad Rasjid dalam konferensi pers di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya