Airlangga, AHY hingga Yusril Merapat ke Kertanegara, Bahas Bacawapres?

Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Yeni Lestari/VIVA.

Jakarta – Satu per satu ketua umum partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) datang ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) datang lebih awal yakni pukul 18.53 WIB. Turut mendampingi, Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky.

Zulkifli Hasan.

Photo :
  • Yeni Lestari/VIVA.
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Kehadiran AHY disusul oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra yang didampingi Sekjen PBB Afriansyah Noor.

Hadir juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus. Kemudian, Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah. 

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Terakhir, ada Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

AHY.

Photo :
  • Yeni Lestari/VIVA.

Saat ditanya mengenai pertemuan malam ini, Zulhas hanya menjawab singkat. "Ya namanya koalisi ketemuan," ucap Zulhas. 

Diberitakan sebelumnya, bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan bertemu para ketua umum partai KIM, hari ini, Jumat malam, 13 Oktober 2023. Pertemuan itu, bakal membahas bacawapres yang mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

Yusril Ihza Mahendra

Photo :
  • Yeni Lestari/VIVA.

Salah satunya termasuk membahas kans Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres 2024.

Prabowo saat ini sudah didukung Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Partai Gelora dan Partai Garuda.

"Jadi usulan-usulan itu (termasuk Gibran) saya katakan bahwa akan saya bawa ke forum rapat ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju yang rencananya besok malam (hari ini) akan kita selenggarakan," kata Prabowo seusai menerima kunjungan Ketum PSI Kaesang Pangarep di Jl Kartenagara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis kemarin.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo mengakui bahwa sejumlah kelompok mulai dari organisasi masyarakat, relawan dan organisasi sayap partai silih berganti datang kepada dirinya mengusulkan dan menyampaikan aspirasi agar Gibran menjadi cawapres. Prabowo menerima usulan-usulan itu dan akan membahasnya dengan para ketum KIM.

"Dan jawaban sama, saya bagian dari suatu koalisi yang terdiri dari beberapa partai. Jadi usulan-usulan itu saya katakan bahwa akan saya bawa ke forum rapat ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan ia tidak bisa menentukan sendiri cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024. Ia berdalih mengedepankan prinsip musyawarah untuk mufakat sebagai tradisi bangsa Indonesia.

"Jadi ini akan kita sesuai tradisi bangsa Indonesia kita akan melaksanakan musyawarah untuk menuju mufakat," kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya