Bukan AHY dan Gibran, Demokrat Usulkan Khofifah jadi Bacawapres Prabowo

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pihaknya mengusulkan nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. AHY bilang Demokrat tak ngotot mendorong kadernya maju jadi kontestan Pilpres 2024.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Demokrat tidak mengusulkan kader utamanya. Tapi, kita kemudian menyampaikan, baik juga untuk dipikirkan nama Bu Khofifah, Gubernur Jawa Timur dengan sejumlah faktor dan pertimbangan," kata AHY dalam keterangannya, Jumat, 13 Oktober 2023. 

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rapimnas Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kata Demokrat Penambahan Kementerian Agar Rakyat Bisa Lebih Diurus

Meski begitu, AHY mengatakan pihaknya menyerahkannya sepenuhnya keputusan final cawapres kepada Prabowo. 

"Selebihnya urusan pengambilan keputusan terkait dengan cawapres, ya dikembalikan, diberikan secara langsung kepada capres, yaitu Pak Prabowo Subianto yang sudah kita deklarasikan," ujar AHY.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Lebih lanjut, AHY menjelaskan partainya ingin agar Prabowo menang sebagai Presiden 2024. Maka dari itu, ia berharap agar Prabowo dapat memilih cawapres yang bisa membawa kemenangan tersebut.

“Partai Demokrat akan berjuang penuh untuk memenangkan Pak Prabowo. Siapapun pada akhirnya pasangan yang dipilih. Karena tujuan kita menang,” tuturnya.

“Kita ingin Pak Prabowo jadi Presiden, yang kedua kita ingin Demokrat bangkit dan sukses besar dalam Pemilu 2024,” ujar AHY.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) di Surabaya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA

Prabowo sebelumnya menyampaikan soal nama bacawapres sudah mengerucut ke empat nama. Dia bilang demikian karena empat nama itu berdasarkan diskusi dari setiap ketua di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam menyampaikan pandangannya.

Namun, Prabowo tak mengungkap empat nama tersebut. Ia hanya menyebut satu usulan nama berasal dari luar Jawa dan tiga lainnya dari pulau Jawa.

"Empat nama yang bisa disampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, dan satu calon dari Jawa Timur," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya