Beda Pilihan Capres dengan Pentolan Projo, Andi Gani: Tak Ada Perpecahan, Itu Demokrasi

Budi Arie (kiri), Presiden Jokowi, dan Andi Gani (kanan).
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Manuver relawan Pro Jokowi (Projo) di bawah pimpinan Budi Arie Setiadi yang mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024 tengah jadi sorotan. Sikap Budi Arie itu berbeda dengan Andi Gani Nena Wea yang sama-sama penggagas Musyawarah Rakyat atau Musra.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

Andi Gani yang merupakan Ketua Dewan Pengarah Musra konsisten mendukung Ganjar Pranowo. Andi bahkan blak-blakan melabuhkan dukungannya ke Ganjar sudah sejak lama.

Adapun, Budi Arie baru saja mendeklarasikan Projo untuk mendukung Prabowo. Andi mengaku menghargai sikap Budi Arie yang sudah menyatakan dukungannya kepada Prabowo.

Eko Patrio soal Dijagokan Jadi Menteri Prabowo: Cuma Bercandaan

Bacapres Ganjar Pranowo dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea

Photo :
  • istimewa

Dia menegaskan tak ada perpecahan meskipun dirinya dan Budi Arie merupakan pendukung Jokowi.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

"Tidak ada perpecahan, itu pilihan demokrasi dan itu hak demokrasi. Dari awal saya sudah menyatakan total mendukung Ganjar Pranowo dan sekarang Budi Arie menyatakan dukungan Prabowo. Itu hal yang biasa dalam demokrasi," kata Andi Gani di Jakarta, Minggu, 15 Oktober 2023.

Dalam rekam jejaknya, Andi saat ini juga sebagai Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi yang telah berjuang sejak Pilgub DKI 2012. Andi juga berada di barisan pendukung Jokowi sejak Pilpres 2014 dan 2019.

Resmi, Projo Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Andi juga menyatakan dukungan totalnya untuk Ganjar dengan melakukan deklarasi Relawan Buruh Sahabat Ganjar di 11 provinsi. Deklarasi itu antara lain di Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan, Papua, Jawa Tengah, Papua, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

Sementara, relawan Buruh Sahabat Ganjar juga soap dideklarasikan di luar negeri seperti Hong Kong dan Macau. "Konsolidasi buruh sangat siap dan basis massa kami jutaan buruh di seluruh Indonesia," ujar Andi.

Andi bilang dengan kekuatan jaringannya di buruh siap membantu pemenangan Ganjar di 2024.

"Mesin perjuangan Relawan Buruh sangat siap untuk menghadapi Pilpres 1 putaran maupun 2 putaran," tutur Andi.

Sebagai informasi, dalam puncak Musra di Senayan pada Mei 2023, panitia Musra menyerahkan hasil Musra kepada Presiden Jokowi.

Ada tiga nama bacapres peraih suara tertinggi dalam Musra yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Selain itu, ada nama bakal cawapres yakni, Mahfud MD, Arsjad Rasjid, Moeldoko, dan Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya