Anies dan Ganjar Sudah Daftar Capres ke KPU, Prabowo Kapan Nih?

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Dua pasangan bakal capres dan bakal cawapres sudah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 19 Oktober 2023. Dua pasangan itu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

PSI Tersanjung PKB Ingin Duetkan Anies-Kaesang di Pilgub Jakarta: Semua Masih Dinamis

Kini, sorotan tertuju ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres. Poros KIM sejauh ini belum juga mendeklarasikan figur bakal cawapresnya.

Alotnya penentuan nama pendamping Prabowo disinyalir jadi alasan KIM belum juga deklarasikan nama cawapres. Salah seorang petinggi KIM yang juga Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan akan ada waktunya mendeklarasikan cawapres. 

Bawaslu Sebut Tahapan Pilkada Rawan Konflik

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun, dia menyebut deklarasi cawapres juga masih menunggu rampungnya agenda kegiatan Partai Golkar.

Grace Natalie Jabat Komisaris MIND ID, Kaesang Tegaskan Ini

"Nanti akan diumumkan resmi. Iya setelah acara Golkar selesai," kata Viva Yoga saat dikonfirmasi VIVA, Kamis malam, 19 Oktober 2023.

Selain PAN, KIM merupakan poros yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PBB, Partai Garuda, dan Prima.

Dari elite Demokrat pun buka suara terkait dinamika di koalisinya. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengklaim interaksi yang terbangun di KIM senantiasa berlangsung dalam suasana yang harmonis dan komunikatif. 

Dia bilang Prabowo selalu mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan. 

"Terkait pendaftaran ke KPU, kita masih memiliki cukup waktu untuk itu, yang sebelumnya akan didahului deklarasi cawapres. Sebagaimana disampaikan Pak Prabowo, ojo kesusu, ojo grasa grusu," jelas Kamhar kepada VIVA.

Projo resmi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kamhar mengatakan saat ini KIM tengah menunggu kepulangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas yang tengah mendampingi Presiden RI Jokowi. Ia meyakini jika semua ketum parpol sudah berkumpul maka penentuan cawapres akan terjawab.

"Yang saat ini sedang menjalankan tugas kenegaraan mendampingi Presiden Jokowi. Jadi, kita tunggu saja, dalam hitungan hari semuanya terjawab," ujar Kamhar.

Poros KIM masih alot menentukan nama final cawapres pendamping Prabowo. Sejumlah nama menguat jadi tandem eks Danjen Kopassus tersebut seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

Adapun dua pasangan capres dan cawapres yang sudah daftar ke KPU yaitu Anies-Cak Imin didukung Koalisi Perubana untuk Persatuan terdiri atas Nasdem, PKS, dan PKB. Lalu, Ganjar-Mahfud MD dengan diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

Sementara, tahapan pendaftaran capres dan cawapres ke KPU ini berlangsung dari 19 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya