Survei LSI: Gandeng Erick Thohir, Prabowo Unggul Besar Menangi Pilpres 2024

Erick Thohir bersama dengan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Instagram @erickthohir

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang mampu membawa kemenangan besar bagi Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Duet Prabowo - Erick Thohir berhasil mendapatkan perolehan tinggi pada simulasi yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Survei LSI menunjukkan pada simulasi tertutup tiga pasangan capres - cawapres, duet Prabowo Erick Thohir berhasil mendapatkan angka perolehan tertinggi. Keduanya mampu memperoleh dukungan sebesar 38,0 persen.

Ketum Gerindra sekaligus bakal cappres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Prabowo - Erick Thohir berhasil unggul dari dua pasangan lainnya. Meliputi duet Ganjar - Pranowo Mahfud MD yang mendapatkan angka 32,3 persen disusul kemudian pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan hanya memperoleh angka 22,9 persen. 

"Saya kira banyak di antara kita menduga bahwa kemungkinan besar atau dugaannya Prabowo itu akan memilih satu di antara tiga kemungkinan yaitu Erick Thohir," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparan survei secara daring, Kamis 19 Oktober 2023.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Lebih lanjut dia menyebut, jika Erick Thohir terpilih menjadi pasangan Prabowo tentu akan mampu membawa dampak positif besar secara elektoral. Khususnya untuk meningkatkan keunggulan pada pertarungan di Pilpres mendatang.

"Kalau yang dipilih Prabowo adalah Erick Thohir maka di simulasi tiga nama angka keunggulan Prabowo tidak berbeda jauh. Ketika hanya satu nama berhadapan," ujarnya.

Karena diketahui pada rekaman survei LSI kali ini tercatat elektabilitas Prabowo berhasil berada di posisi teratas. Menteri Pertahanan Ri Ini berhasil unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Partai yang dukung bacapres Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA

Rincian survei menunjukkan, Prabowo berhasil memperoleh angka elektabilitas sebesar 36,3 persen dalam simulasi tertutup enam nama Capres. Sedangankan Ganjar Pranowo meraih 33,0 persen disusul kemudian Anies Baswedan yakni 22,1 persen. 

Survei LSI tersebut dilakukan pada periode 1 - 8 Oktober 2023, menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah 1620 responden. Sementara Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya