Tes Kesehatan Anies-Cak Imin Sabtu 21 Oktober, Ganjar-Mahfud Minggu 22 Oktober

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal tes kesehatan terhadap bakal capres-cawapres 2024 yang sudah mendaftar dan berkasnya dinyatakan lengkap. 

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bagi bakal pasangan calon (paslon) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan menjalani tes kesehatan, Sabtu, 21 Oktober 2023, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Sementara untuk bakal paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, waktu tes kesehatannya, pada Minggu, 22 Oktober 2023, di RSPAD.

Jalani Tes Kesehatan Usai Ditangkap Kasus Narkoba, Epy Kusnandar: Alhamdulillah Sehat

Anies Baswedan dan Cak Imin diarak pakai jeep mobil ke KPU.

Photo :
  • Tangkapan layar tvOne

"Pemeriksaannya mulai dari pagi. Karena kan harus ada ngambil air seni, ambil darah, itu juga ada prosedur harus puasa dengan durasi sekian waktu, puasanya itu puasa makan, tapi tidak puasa minum dan ada durasinya,” kata Hasyim kepada wartawan, dikutip Jumat, 20 Oktober 2023. 

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Hasyim menekankan, pemeriksaan yang mewajibkan paslon berpuasa sudah diatur oleh tim dokter. Karena itu, seluruh bakal paslon harus mengikuti aturan tersebut.

“Jadi mulai puasanya jam berapa hingga jam sekian, itu sudah diperhitungkan dengan tim pemeriksa di RSPAD,” kata Hasyim.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hasyim lebih jauh memastikan pihaknya tak akan terlibat dalam memutuskan bakal capres dan cawapres lolos tes kesehatan atau tidak. Sebab itu merupakan kewenangan penuh dari tim dokter RSPAD.

“Yang akan menentukan pemeriksan itu hasilnya bagaimana, perlu diulang apa enggak dalam kondisi tertentu otoritasnya di tim pemeriksa kesehatan ya. Karena kami memahami kami menyadari KPU kan tidak mempunyai kompetensi untuk menentukan, itu yan punya kompetensi itu adalah tim pemeriksaan RSPAD,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya