Airlangga Sebut Cawapres Prabowo Bakal Dibahas Dalam 1-2 Hari ke Depan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Golkar

Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto bakal dibahas dalam satu atau dua hari ke depan.

Airlangga: Singapura-Malaysia Tidak Senang RI Punya Industri Semikonduktor

"Nanti akan dibahas dalam satu atau dua hari ke depan," kata Airlangga Hartarto kepada wartawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat, 20 Oktober 2023.

Menko Perekonomian itu menyebutkan, para ketua umum partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan berkumpul untuk membahas cawapres Prabowo.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Selain itu, Airlangga juga mengatakan masih banyak waktu sebelum batas akhir pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 25 Oktober 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Perekonomian
Airlangga Sebut Ekonomi Indonesia Masih Untung Meski Masalah Geopolitik Berkecamuk

"Ya tanggal 25 masih banyak waktu. Rencana hari ini (ketum KIM kumpul), kan kita tumpengan di kantor Golkar," ucap Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga mengatakan bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar, Sabtu, 21 Oktober 2023. 

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga akan langsung mengumumkan bakal cawapresnya, dan langsung mendaftarkannya ke KPU RI. 

"Tanggal 21 akan ada Rapimnas Golkar, baru kemudian pendaftaran Prabowo," kata Airlangga Hartarto dikutip Jumat, 20 Oktober 2023.

Airlangga belum bersedia menjawab apakah cawapres Prabowo juga akan disampaikan di acara Rapimnas Golkar. Menurutnya, Rapimnas hanya membahas keputusan strategis Partai Golkar.  "Rapimnas hanya membahas keputusan Partai Golkar. Semuanya akan diputuskan," ujarnya.

Diketahui, Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar akan digelar bertepatan dalam acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 yang jatuh pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Steering Committee HUT Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan Rapimnas merupakan rangkaian dari HUT Partai Golkar.

"Rapimnas ini tentu akan membahas agenda-agenda penting kita menghadapi Pemilu 2024, terutama agenda dalam mempersiapkan Pemilu 2024, Pileg, Pilpres, dan juga Pilkada," ujar Ace dalam keterangannya di DPP Golkar, Slipi Jakarta Barat, dikutip Jumat, 20 Oktober 2023.

Ace mengatakan, dalam Rapimnas Golkar nanti akan ada berbagai masukan pandangan terkait strategi pemenangan Golkar dalam Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya