Kabar Pulang Duluan Bareng Zulhas, Erick Thohir Bakal Dideklarasikan jadi Cawapres Prabowo?

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Jakarta - Koalisi Indonesia Maju (KIM) tengah jadi perhatian karena belum juga mendeklarasikan nama bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto. Beberapa nama menguat seperti putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Kini, muncul kabar Ketua Umum PAN Zuklifli Hasan alias Zulhas akan pulang lebih awal dari Riyadh, Arab Saudi. Zulhas pulang lebih awal karena akan rapat dengan para pentolan parpol di KIM untuk menentukan cawapres pendamping Prabowo.

Namun, ada kabar agenda kepulangan Zulhas Jumat hari ini ke Tanah Air bareng dengan Erick Thohir. Status Zulhas sebagai Menteri Perdagangan dan Erick merupakan menteri yang ikut mendampingi Jokowi dari Beijing Cina dan Riyadh, Arab Saudi.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

Terkait kabar itu, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi tak membantahnya. Dia membenarkan rencana Zulhas dan Erick pulang bareng ke Tanah Air dari Riyadh. "Iya bareng mas ET (Erick Thohir)," kata Viva Yoga saat dikonfirmasi VIVA, Jumat, 20 Oktober 2023.

Menteri BUMN RI, Erick Thohir

Photo :
  • PNM
Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Viva Yoga kemudian mengirimkan beberapa cuitan Gibran Rakabuming. Salah satu tangkapan layar cuitan Gibran di akun X terlihat menulis huruf ‘E’. Lalu, dia kembali mencuit dengan kata ‘Es Teh’. Belum diketahui maksud cuitan Wali Kota Solo tersebut.

Lantas, ditanya kemungkinan Erick Thohir bakal dideklarasikan jadi bakal cawapres Prabowo, dia tak menjawabnya.

Viva Yoga sebelumnya saat ditanya waktu deklarasi cawapres Prabowo, hanya menjawab singkat. Ia bilang deklarasi cawapres akan dilakukan sebelum pendaftaran ke KPU

Namun, ia menuturkan deklarasi cawapres juga masih menunggu agenda kegiatan Partai Golkar seperti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

"Nanti akan diumumkan resmi. Iya setelah acara Golkar selesai," ujar Viva dikonfirmasi terpisah pada Kamis malam, 19 Oktober 2023.

Ketum PAN Zulkifli Hasan di Rakernas Projo.

Photo :
  • Istimewa/Zendy Pradana

Sebelumnya, salah satu elite PAN, Eko Hendro Purnomo menyampaikan agenda ketua Umumnya yaitu Zulhas bakal balik lebih cepat pasca mendampingi Presiden Jokowi. Zulhas diperkirakan bakal sampai di Tanah Air, pada Jumat siang, 20 Oktober 2023.  Dia bilang Zulhas akan memajukan sehari kepulangannya untuk sampai di Jakarta.

"Ya, jadi keliatannya ketum memajukan sehari (kepulangannya), kelihatannya ya. Dimajukan sehari. Dan, itu juga sudah diketahui oleh bapak presiden (Joko Widodo). Jadi, insya Allah di Jakarta beliau yang harusnya Sabtu atau Minggu pulang. Jadinya, Jumat siang beliau sampai Jakarta," kata Eko di Jakarta, Rabu, 18 Oktober 2023.

Dia tak menampik begitu tiba, Zulhas akan menghadiri pertemuan bersama para petinggi parpol KIM. Dia menuturkan kemungkinan dalam pertemuan itu juga membahas pematangan nama final cawapres Prabowo. "Kelihatannya memang satu aja itu agendanya," ujar Eko.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya