Merespons Isu Gibran Bakal Jadi Cawapres Prabowo, PDIP Ungkit Masalah Etika Politik

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun di kantor pusat PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 22 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkit masalah etika politik merespons rumor bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming sekaligus kader PDIP bakal menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden 2024.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

"Kalau isu kan banyak, kan ada yang mau mengambil jalan pintas, di mana etika-etika itu kemudian dikesampingkan. Padahal politik ini kan didasarkan pada nilai-nilai kebaikan," kata Hasto saat dihubungi, Jumat, 20 Oktober 2023.

Hasto juga menegaskan bahwa politik itu dibangun bertujuan untuk mewujudkan demokrasi untuk rakyat sehingga moralitas dan etika politik harus dikedepankan.

Airlangga Sebut Ekonomi Indonesia Masih Untung Meski Masalah Geopolitik Berkecamuk

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming merespons putusan MK tolak batas usia capres

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

"Politik itu dibangun kepada upaya untuk mewujudkan demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Fundamennya adalah moralitas pemimpin etika politik nilai-nilai kebaikan atas asas kepatutan itu yang dikedepankan," katanya.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Gibran santer dikabarkan akan masuk Partai Golkar melalui keanggotaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang merupakan organisasi masyarakat di bawah Partai Golkar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut komunikasi sudah ada dengan Gibran. "Komunikasi sudah ada mengenai kegiatan," kata Airlangga Hartarto kepada wartawan di TMP Kalibata, Jakarta, Jumat, 20 Oktober 2023.

Saat disinggung soal Gibran bakal masuk Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia atau AMPI, Airlangga meminta masyarakat bersabar menunggu.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Bacapres KIM Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Gibran, merespons kabar dia akan dipilih sebagai bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto, memastikan tidak pernah menawarkan diri kepada siapa pun. "Sekali lagi, saya enggak pernah menawarkan diri. Orang lain yang ngejar, teman-teman media yang memberitakan terus," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya