Mengukur Elektabilitas Prabowo Jika Dipasangkan dengan Gibran

Gibran Rakabuming Raka saat belajar naik kuda dengan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • istimewa.

Jakarta – Lembaga penelitian sosial, Ipsos Public Affairs merilis hasil survei bertajuk 'Dilema Prabowo Subianto' melalui zoom meeting pada Sabtu 21 Oktober 2023. Tema yang diangkat tersebut merujuk pada isu yang sedang ramai diperbincangkan di berbagai platform media saat ini.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Seperti diketahui, beberapa hari lalu dua pasangan calon presiden dan wakil presiden telah mendaftarkan diri ke KPU yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar kemudian Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Namun Prabowo Subianto masih bimbang memilih wakil yang akan mendampinginya.

Prabowo dan Gibran

Photo :
  • VIVA / Fajar Sodiq (Solo)
Prabowo Ucapkan Selamat Hari Buruh, Doakan Makin Sejahtera

Senior Researcher Ipsos, Arif Nurul Iman mengatakan Ipsos melalukan survei dengan metode telesurvei pada periode 17-19 Oktober 2023 di mana dua paslon sudah mendaftarkan diri ke KPU. Ipsos kemudian melakukan simulasi pemilihan di mana Prabowo dipasangkan dengan Gibran Rakabuming atau Erick Thohir.

Dari hasil simulasi tiga nama calon presiden di mana Prabowo dipasangkan dengan Gibran, hasilnya adalah Ganjar-Mahfud 31,98% kemudian Prabowo-Gibran 31,32%, dan Anies-Imin 28,91%. Kemudian jika Prabowo dipasangkan dengan Erick, hasilnya adalah Prabowo-Erick memperoleh 37,53%, disusul Ganjar-Mahfud 31,73%, kemudian Anies-Imin 28,91%.

Survei: ASR Bakal Cagub Sultra dengan ELektabilitas Tertinggi, Pemilih Lihat Kemampuan

"Prabowo-Erick unggul dalam simulasi tiga nama paslon," kata Arif.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Lalu jika pemilihan harus dilakukan dengan dua putaran, kedua pilihan untuk pasangan Prabowo disebut bisa menembus ke putaran kedua. Tapi suara pasangan Prabowo-Gibran akan tertinggal dengan hasil Ganjar-Mahfud memperoleh 48,72% dan Prabowo-Gibran 41,67%.

"Tapi jika Prabowo-Erick melaju ke putaran kedua maka hasilnya adalah 51,86% sementara Ganjar-Mahfud memperoleh 47,06%. Artinya Prabowo-Erick bisa menang di putaran kedua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya