Elite PDIP Tidak Kaget dan Sudah Menerka Langkah Politik Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak banyak komentar atas keputusan salah satu kadernya, Gibran Rakabuming Raka, menerima pinangan Partai Golkar untuk menjadi bakal calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

"Kita serahkan pada penilaian masyarakat," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Ahmad Basarah, menjawab pertanyaan wartawan tentang langkah politik Gibran, di Malang, Jawa Timur, Senin, 23 Oktober 2023. 

Basarah mengatakan, PDIP tidak akan mempermasalahkan keputusan Koalisi Indonesia Maju yang memilih Wali Kota Solo itu sebagai bakal calon wakil presiden untuk Prabowo. "Kami tidak ada komentar apa-apa, kami serahkan masyarakat Indonesia untuk melihat nilai apa yang terjadi dalam dinamika politik."

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

Prabowo Subianto dan para Ketum Partai KIM saat deklarasi Gibran jadi Cawapres.

Photo :
  • Instagram @zul.hasan

Wakil Ketua MPR RI ini mengaku bahwa elite PDIP tidak terkejut dengan manuver Gibran Rakabuming. PDIP merasa biasa saja. "Tidak kaget, biasa biasa saja; kita harus tahu arah politik. Itu komentar kami," ujarnya.

PDIP Beri Tugas Ganjar Bantu Pemenangan Pilkada 2024 setelah Kalah Pilpres

Dalam Rapimnas pada Sabtu pekan lalu, Partai Golkar melalui sang Ketua Umum Airlangga Hartarto mengusulkan nama Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto dan sudah dirapatkan oleh para Ketua DPD hingga mencapai konsensus untuk mengusung Prabowo dengan Gibran.

Airlangga menyampaikan, usulan tersebut telah mencermati dengan saksama untuk menjaga stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, maupun pemerataan.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan para Ketua DPD tadi malam, kami rapat cukup lama, cukup hangat, tapi semuanya konsensus. Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo," ujarnya.

Golkar Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Prabowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Esok harinya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendeklarasikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden.

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabumingraka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo dalam deklarasi tersebut, kemudian menambahkan bahwa mereka akan mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya