AHY Petik Buah Apel, Sinyal Kuat Bakal jadi Menteri Baru Jokowi?

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dirumorkan bakal dapat jatah satu kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Reshuffle sudah disampaikan Presiden Jokowi yang kemungkinan akan melakukannya pekan ini.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

AHY diisukan akan mengisi posisi Menteri Pertanian yang saat ini masih lowong pasca mundurnya Syahrul Yasin Limpo alias SYL karena kasus dugaan korupsi. Di tengah isu reshuffle itu, AHY pun mengunggah aktivitasnya terkait pertanian dengan memetik buah apel di Malang, Jawa Timur.

Lantas, apakah aktivitas petik apel itu digambarkan sebagai kesiapan AHY jadi menteri Jokowi? Elite Demokrat pun buka suara.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menjelaskan unggahan AHY di Instagram yang tengah memetik buah apel. Menurut dia, jika dicermati dengan seksama sepekan terakhir, AHY memang banyak mem-posting kegiatan-kegiatan gerilya nusantara atau konsolidasi di daerah.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memosting foto petik apel di media sosialnya

Photo :
  • instagram @agusyudhoyono
Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Dia bilang aktivitas AHY itu seperti kunjungan ke berbagai daerah di Jawa Barat, Yogjakarta, dan Jawa Timur selain kegiatan di Jakarta bersama Koalisi Indonesia Maju serta menghadiri berbagai undangan.
 
"Kegiatan-kegiatan di daerah pun beragam bentuknya, mulai dari kunjungan ke UMKM, pesantren, objek wisata, olahraga, Museum SBY & Ani Yudhoyono, termasuk sentra produksi apel di Malang," ujar Kamhar, dalam keterangannya, Selasa, 24 Oktober 2023.

Bagi dia, jika ada yang menafsirkan aktivitas AHY memetik apel sebagai pertanda bakal jadi menteri maka tak ada persoalan.

"Kemudian ada yang memberikan tafsiran terhadap postingan tersebut dan mengait-ngaitkan dengan posisi kabinet, itu hak penafsir," tutur Kamhar.

Barisan Menteri dan Wakil Menteri Baru Jokowi

Photo :
  • VIVA

Sementara, Jubir DPP Demokrat, Diska Putri Pamungkas menambahkan unggahan AHY di Instagram tengah memetik apel terkait sektor pertanian adalah video lama yang baru di-posting.

"Dan, apa yang diunggah mas AHY di media sosial sebetulnya diambil dari sekitar 3 atau 6 bulan yang lalu," ujar Diska dalam Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA pada Selasa malam, 24 Oktober 2023.

Dia menjelaskan dalam aktivitas AHY yang diunggah di Instagram dan media sosial lain juga menyangkut aktivitas serta terkait isu-isu yang saat ini jadi consern Partai Demokrat. Kata Diska, hal itu termasuk salah satunya isu pertanian. 

"Tapi, tentu kalau melihat media sosial mas AHY, bukan isu pertanian yang sering diunggah tentu setelah ini mungkin ada isu santri waktu itu," ujarnya. 

Terkait reshuffle, isu yang beredar Jokowi bakal melantik menteri baru di Istana Negara pada Rabu hari ini, 24 Oktober 2023. Nama AHY dispekulasikan sebagai figur menteri tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya