Kabar Gibran Pindah Partai, Hasto PDIP: Kami Menghormati Itu

Gibran Rakabuming dan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • Syaefullah

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIPHasto Kristiyanto, angkat bicara soal isu Gibran Rakabuming Raka, yang akan pindah partai. Santer disebut akan ke Partai Golkar. Hasto menyebut, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut menghargai keputusan Gibran jika memang pindah.

Penyitaan Barang Milik Hasto dan Stafnya Dinilai Salahi Prosedur, Penyidik KPK Disebut Ugal-ugalan

"Kalau warnanya juga berubah semula merah kemudian secara nyata sudah berubah menjadi kuning, maka partai menghormati itu," kata Hasto kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Hasto mengingatkan, bahwa PDIP merupakan partai yang mengikuti aturan dan penataan yang baik untuk seluruh kadernya. Maka dari itu, kata Hasto, PDIP tetap menghormati segala keputusan yang diambil putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Golkar Meroket di Pileg 2024, Airlangga hingga Ahmad Doli Dinilai Punya Peran Penting

"PDIP ini kan dari rakyat, di atas PDIP ada rakyat. Sehingga politik ini mengikuti peranataan yang baik. Kalau putih disimbolkan dengan kesucian, dengan kebenaran dan ketaatan pada nilai-nilai," terang Hasto.

Saat disinggung soal status Gibran sebagai kader PDIP, Hasto menegaskan bahwa hal itu sudah jelas melalui pertemuan antara Gibran dengan Puan Maharani. Saat itu, kata Hasto, Gibran sudah berpamitan ke Puan untuk maju sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

PPP dan PDIP Siap Kerja Sama untuk Pilkada Garut

"Sudah pamit, kalau pamit tahu kan artinya? Pamit itu kan sudah gamblang," kata Hasto.

Sebelumnya, Gibran sendiri sempat santer akan masuk Partai Golkar melalui keanggotaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang merupakan organisasi di bawah Partai Golkar. Namun hingga kini, Gibran belum menjelaskan lebih lanjut apakah dirinya berlabuh ke Golkar setelah resmi menjadi cawapres Prabowo Subianto, atau ke partai lainnya.

Gibran Rakabuming Raka resmi dideklarasikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Deklarasi langsung diumumkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Deklarasi itu disampaikan Prabowo usai rapat dengan para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju atau KIM. "Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya