Jokowi Undang 3 Bakal Capres Makan Siang di Istana, Cak Imin Bilang Begini

Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan yang juga merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ditemui di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Jakarta – Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin turut buka suara soal pemanggilan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada tiga bakal calon presiden (bacapres) untuk menghadiri makan siang di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Hari Raya Waisak, Jokowi dan Menag Yaqut Ajak Warga Hidup Rukun

Cak Imin berharap agar Jokowi bisa memberikan sikap netral dalam pilpres 2024 nanti. Maka dari itu, kata Cak Imin, agenda makan siang ini jika ada sebuah pesan maka pesan itu berisikan sikap netral kepada seluruh peserta Pilpres 2024.

"Pak jokowi sebagai kepala negara kepala pemerintahan, tentu harus netral se netral-netralnya. Saya berharap makan siang hari ini, adalah komitmen presiden, bahwa beliau akan netral," ujar Cak Imin kepada wartawan dikutip Senin 30 Oktober 2023.

Rival Pilpres, PAN Tak Akan Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama Anies, Ganjar dan Prabowo

Photo :
  • Dok. Istimewa

Cak Imin pun menyinggung dalam agama islam memang telah diajarkan sikap adil kepada siapapun. "Islam mengajarkan harus adil meskipun kepada anaknya, kalau ngaku islam, islam itu perintahnya adalah bersifat adil meskipun terhadap anaknya," ucap dia.

JK Ingatkan Prabowo Tak Bikin Proyek Mendadak seperti IKN

Diberitakan sebelumnya, Ketiga bakal calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Jakarta Pusat. Pertemuan mereka direncanakan siang ini, Senin, 30 Oktober 2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Hermawi Taslim membenarkan adanya rencana pertemuan tiga bakal capres itu dengan Jokowi.

"Presiden (Jokowi) pernah mengatakan bahwa beliau mendukung ke tiga capres demi kebaikan bangsa. Siang ini ketiganya diundang ke Istana, mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud," kata Hermawi saat dihubungi wartawan, Senin, 30 Oktober 2023.

Calon Presiden 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa

Hermawi menyebut pertemuan Anies, Ganjar dan Prabowo dengan Jokowi itu dilakukan tanpa didampingi masing-masing bakal calon wakil presiden (cawapres).

"Tiga capres diundang ke Istana hari ini tanpa cawapres," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya