Anies ke Jokowi: Banyak Rakyat Minta Presiden Netral di Pemilu 2024

Presiden Jokowi makan siang bersama 3 bakal capres
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, membuka salah satu poin yang dibahas dalam makan siang bersama dengan Presiden Jokowi beserta Capres lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Anies mengatakan, salah satu yang hal yang dbahas yaitu mengenai netralitas Presiden dalam Pemilu 2024.

DPW PKS Jakarta Siap Dukung Anies Maju Pilgub 2024

Anies mengatakan bahwa dia sering berkeliling ke sejumlah daerah di Indonesia menjelang Pemilu 2024 ini. Saat kunjungan ke daerah-daerah banyak masyarakat yang meminta agar Presiden tidak memihak alias netral dalam Pilpres 2024.

"Kami tadi sampaikan kepada beliau, bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang pada Pak Presiden, dan mereka-mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas, di dalam pilpres, pemilu," kata Anies di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023.

Prabowo Diklaim Perintahkan Hal Ini ke Dedi Mulyadi

Presiden Jokowi menggelar santap siang bersama tiga bakal calon presiden

Photo :
  • ANTARA/HO-Setpres

Menurut Anies, Jokowi juga mengatakan akan mengumpulkan seluruh pejabat dan seluruh kepala daerah di tanah air untuk memberi arahan agar bersikap netral di pemilu 2024. Dari situ, menurut Anies terdapat pesan bahwa Jokowi bakal netral di Pemilu 2024

Hari Raya Waisak, Jokowi dan Menag Yaqut Ajak Warga Hidup Rukun

"Beliau (Presiden Jokowi) sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan Pejabat, Gubernur, Bupati bahkan akan mengumpulkan TNI-Polisi dan semua aparat-aparat untuk netral," kata Anies

Menurut Anies, sikap netral dari Presiden selaku kepala negara dapat membuat Pilpres berjalan damai. Karena netralitas Presiden, Aparat, pejabat dan penyelenggara negara adalah hal yang penting dalam kontestasi Pemilu 2024.

"Kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat Pilpres kita besok berjalan dengan Aman, damai karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional," ujarnya

Sebelumnya diberitakan, tiga bakal calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Jakarta Pusat. Pertemuan mereka direncanakan Senin, 30 Oktober 2023 siang ini.

Calon Presiden 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Hermawi Taslim membenarkan adanya rencana pertemuan tiga bakal capres itu dengan Jokowi.

"Presiden (Jokowi) pernah mengatakan bahwa beliau mendukung ketiga capres demi kebaikan bangsa. Siang ini ketiganya diundang ke Istana, mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud," kata Hermawi saat dihubungi wartawan, Senin, 30 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya