Anies Yakin Jokowi Akan Netral di Pilpres 2024: Harus Percaya

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen menjaga netralitas dalam Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Jokowi kepada tiga bakal capres 2024 saat makan siang bareng bersama di Istana Negara, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

"Beliau tanya bagaimana situasi di lapangan, terus saya sampaikan yang kami butuhkan netralitas saja. Itu aja yang kami butuhkan," kata Bacapres Anies Baswedan usai makan bersama di Kompleks Kepresidenan, Jakarta. 

Anies mengatakan dirinya pada moment makan bersama Presiden Jokowi, Bacapres Prabowo Subianto dam Ganjar Pranowo sempat menyampaikan pesan dari masyarakat kepada Jokowi soal netralitas di Pilpres 2024.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

"Dalam makan siang tadi saya sampaikan kepada beliau. 'Pak Jokowi, saya bertemu begitu banyak orang-orang yang sayang pada Presiden. Yang sayang, ingin presiden tetap netral dan ingin presiden menegaskan pada seluruh jajaran, aparat di manapun untuk netral," kata Anies.

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres
Eko Patrio soal Dijagokan Jadi Menteri Prabowo: Cuma Bercandaan

Anies pun menyebut Jokowi menangkap pesan dari masyarakat yang disampaikannya. Jokowi, ungkap dia, bahkan akan memerintahkan agar aparat dan jajarannya netral di Pilpres 2024.

"Jadi saya yakin Presiden menangkap pesan itu dan beliau mengungkapkan langsung 'iya saya akan pesankan, saya akan pesankan, saya akan pastikan'. Jadi kita percaya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Anies meyakini pilpres akan berjalan damai dan lancar jika penguasa menjaga netralitasnya. Anies pun mengaku percaya Jokowi akan netral di Pilpres 2024.

"Harus percaya. Tapi paling tidak saya sampaikan pesan itu dan beliau merespons juga positif," imbuhnya.

Menu Jamuan Makan Siang

Dalam jamuan tersebut, Presiden RI Jokowi menghidangkan menu masakan soto lamongan hingga es laksamana mengamuk saat agenda santap siang bersama bakal calon presiden Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto, Senin.

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres

"Ada soto, lontong, cumi-cumi, dan sayur, lumayan, jadi bagus ya kita juga dalam suasana yang akrab dan tadi kami ucapkan terima kasih diundang," kata bakal bapres Prabowo Subianto dalam konferensi pers usai santap siang di Istana Merdeka Jakarta.

Berdasarkan laporan Istana Kepresidenan, menu masakan jamuan makan siang VVIP tersebut berupa soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk, dan 'orange juice'.

Prabowo mengatakan undangan santap siang bersama Presiden Jokowi merupakan inisiatif Presiden untuk memperkuat komunikasi antarkontestan Pilpres 2024 agar berjalan dalam suasana yang baik.

"Kalau tidak diundang, jarang kita bisa kumpul ya. Jadi beliau berharap suasana (Pemilu 2024) bagus dan kita berharap suasana baik," katanya.

Menurut Prabowo, seluruh topik pembicaraan yang diangkat dalam pertemuan itu bersifat umum dan ringan untuk dibicarakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya