Prabowo Ungkap Pesan Jokowi di Pilpres 2024: Adu Gagasan, Persaingan yang Baik

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak tiga bakal calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo makan siang bareng di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin, 30 Oktober 2023.

Tegaskan Lanjut Bangun IKN, Prabowo: Kita Harus Investasi Lebih Banyak Selamatkan Jakarta

Dalam pertemuan dan acara makan siang itu, Prabowo membantah adanya pembahasan soal putra sulung Jokowi sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pendampingnya maju di Pilpres 2024.

"Enggak, enggak (bahas Gibran)," kata Prabowo kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 30 Oktober 2023.

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo: Generasi Muda Melihat Siapa yang Tulus dan Dibuat-dibuat

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres

Prabowo justru mengungkap Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus kepada dirinya, Anies dan Ganjar dalam pertemuan itu. Kata dia, Jokowi ngomong relevan yaitu ingin Pilpres 2024 diisi dengan adu gagasan dan persaingan berjalan baik.

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis

"Ngomong yang relevan, presiden mengharapkan adu gagasan, kita ingin pemilu rukun, santai, tenang, gembira, karena Indonesia besar sekali. Indonesia kaya sekali, Indonesia beragam, majemuk, banyak suku, banyak agama, banyak ras, banyak adat, budaya, daerah, kita harus benar-benar sadar untuk selalu menjaga kerukunan," ujar Prabowo.

"Persaingan, persaingan yang baik sajalah. Kita ambil yang positif, jangan selalu cari segi-segi yang tidak baik," jelas Prabowo. 

Jokowi Makan Siang Bareng Tiga Bacapres

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjamu tiga bacapres dengan beragam menu masakan saat makan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin kemarin. Menu itu mulai dari ayam kodok, bebek panggang, hingga es laksamana mengamuk.

"Menu makan siang Bapak Presiden dengan tiga bacapres hari ini di Istana Merdeka, Senin, 30 Oktober 2023: nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula) dan jus jeruk," tulis Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta dikutip dari Antara, Senin.

Jamuan makan siang yang dimulai sekitar pukul 12.30 WIB itu berlangsung di sebuah meja bundar. Jokowi mengenakan pakaian batik putih bercorak biru.

Di sebelah kiri Jokowi duduk Prabowo dengan batik coklat. Sedangkan di sebelah kanan Jokowi duduk Ganjar Pranowo dengan batik kemerahan. Adapun Anies yang mengenakan pakaian batik coklat tua duduk berhadapan langsung dengan Jokowi.

Ketiga bacapres terlihat hadir dengan batik yang memiliki sentuhan motif parang. Agenda santap siang itu digelar beberapa saat setelah Jokowi menyampaikan arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya