Anies sebut Surya Paloh Sempat Tak Pernah Kedatangan Tamu, Nasdem: Ada yang Marah dan Menghindar

Anies Baswedan dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Apel Siaga Perubahan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua DPP Partai Nasdem Effendy Choirie alias Gus Choi membenarkan ketua umumnya Surya Paloh sempat tak pernah kedatangan tamu usai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres). Nasdem deklarasikan Anies jadi bacapres sejak awal Oktober 2022.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Loh iya, jadi beberapa bulan setelah mendeklarasikan Anies, itu betul," kata Gus Choi dikutip pada Selasa 7 November 2023.

Dia menyebutkan ada pihak yang merasa marah usai deklarasi itu. Bahkan, setelah deklarasikan Anies pun banyak kader Nasdem yang mundur.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

"Menjauh. Ada yang marah, ada yang menghindar. Nasdem kan ada yang mundur banyak yang mundur dari Nasdem," ujar Gus Choi.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Photo :
  • ANTARA Foto
Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Namun, menurut dia, kondisi saat ini sudah berbeda semuanya. Surya Paloh sudah mulai lagi didatangi tamu. Menurut dia, justru saat ini banyak orang yang ingin bergabung dalam tim pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Amin.

"Tapi sekarang tamunya (Surya Paloh) banyak sekali sekarang. Sekarang banyak orang ingin menjadi Timnas. Banyak dari luar, sekarang berbondong-berbondong orang datang," ujarnya.

Bacapres Anies Baswedan sempat bercerita bahwa Surya Paloh tak pernah lagi kedatangan tamu usai mendeklarasikan dukungan terhadapnya sebagai bacapres.

Anies menyebut semua pihak merasa takut dan menjauhi Paloh pasca mendeklarasikan dirinya. Sebab, menurut dia, posisi politik Paloh dan Nasdem yang berani memilih sikap untuk menggagas gerakan perubahan.

Bagi dia, tantangan yang dihadapi Paloh dan Nasdem bukan tantangan yang kecil. Dia lalu berbicara jika ingin hidup nyaman maka tinggal ikuti gerbong yang saat ini sudah ada.

Dalam dinamikanya, Nasdem merupakan salah satu parpol yang mengusung duet Anies-Muhaimin di Pilpres 2024. Selain Nasdem, ada PKS dan PKB yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya