Bangganya Hashim Lihat Gibran dan Kaesang Sungkem ke Megawati: Anak Muda Masih Tahu Adat

Momen Gibran Antar Kaesang Sungkem ke Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Momen calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju atau KIM, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, sungkem ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, saat acara pengundian nomor urut capres-cawapres, di KPU RI pada Selasa, 14 November 2023 menjadi sorotan.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, mengaku bangga melihat keduanya sungkem kepada Megawati. Sebab, Gibran dan Kaesang sebagai anak muda masih tahu sopan santun dan adat istiadat.

"Saya bangga, anak-anak muda masih tahu sopan santun, masih tahu adat istiadat Indonesia," kata Hashim kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 15 November 2023.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Hashim S Djojohadikusumo (tengah)

Photo :
  • Istimewa

Hashim juga memuji sikap Prabowo Subianto, yang juga ikut memberikan hormat serta salam kepada Megawati. Terlebih, kata dia, Megawati merupakan senior di dunia politik. Juga adalah Presiden RI ke-5.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

"Ya sopan santun, tata krama, Ibu Mega senior. Dulu Ibu Mega capres, Prabowo cawapres. Makanya tidak masalah beda politik, tapi ya saya kira sopan santunlah," jelas Hasim yang juga adik kandung Prabowo itu. 

Menurut Hashim, sikap sopan santun tetap harus dikedepankan sebagai wujud menghormati senior. Meskipun, ada perbedaan pilihan politik, Hashim menegaskan tak boleh ada permusuhan.

"Walaupun berbeda (pilihan) politik, tetap kita menghormati dan menghargai senior. Walaupun kita berbeda pendapat, jangan bermusuhan, kita nggak usah menghina, menghujat," pungkas Hashim.

Prabowo, Gibran dan Kaesang Salami Megawati

Kaesang Pangarep sungkem ke Megawati.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Sebelumnya diberitakan, ada momen menarik jelang pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa, 14 November 2023 malam. Terlihat Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sungkem ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Momen itu terlihat setelah para pasangan capres-cawapres dan ketua umum parpol pengusung duduk di kursinya masing-masing.

Awalnya, capres dan cawapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, maju lebih dulu menghampiri Megawati. Presiden RI ke-5 itu duduk di samping pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Prabowo dan Giban terlihat menyalami tangan Megawati. Gibran lanjut berjalan ke belakang dan menyalami Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Tak lama setelah itu, Gibran terlihat mengajak Kaesang berdiri. Dipimpin Gibran, Kaesang berjalan menuju ke arah Megawati Soekarnoputri. 

Gibran terlihat menunduk sedikit di depan Megawati yang duduk di samping capres-cawapres Ganjar dan Mahfud. Kaesang kemudian maju menghampiri dan sungkem kepada Megawati. 

Tampak Kaesang dan Megawati sempat berbincang sesaat saat momen sungkeman itu berlangsung. Tak lama, Kaesang pun berdiri dan langsung duduk di tempat semula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya