Hasil Ijtima Ulama Rekomendasikan Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Anies Baswedan saat mengumumkan nama Syaugi Alaydrus jadi Kapten Timnas Amin.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bogor – Ijtima ulama dan tokoh naisonal yang digelar di Kompleks Majelis Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023 telah membuahkan satu hasil terkait arah dukungan politik.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Hasilnya, Ijtima Ulama merekomendasikan pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pilpres 2024.

"Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang datang yaitu Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata anggota SC Ijtima Ulama Aziz Yanuar, dikutip Minggu, 19 November 2023. 

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Sebelumnya diberitakan, pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri acara Ijtima Ulama di Kompleks Az-Zikra, Sentul, Jawa Barat.

Ijtima Ulama di Ponpes Az Zikra, Sentul, Bogor

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Anies dalam kesempatan itu sempat menyinggung soal peran ulama bagi setiap umat manusia. Menurutnya, ulama tak seharusnya dipandang sebagai lawan ataupun musuh, melainkan menjadi tempat berkonsultasi meminta nasihat.

Hal itu diungkap Anies saat berpidato di dalam acara Ijtima Ulama 2023 di Kompleks Pesantren Az-Zikra, Sentul, Bogor, Sabtu, 18 November 2023. Turut hadir, calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendampingi.

"Kita melihat bahwa alim ulama adalah mitra dari umarah, bukan sebagai lawan, bukan apalagi musuh. Justru menjadi tempat di mana kita mendapatkan nasihat, kita mendapatkan petunjuk, kita berkonsultasi," kata Anies.

Tak hanya itu, Anies juga bicara soal pentingnya mengembalikan marwah kehidupan bernegara, terutama soal prinsip dan penegakan hukum di Indonesia. Dia tidak ingin, hukum digunakan untuk kepentingan politik semata.

Pasangan Capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Akun X @cakimiNOW

"Kami melihat pentingnya untuk bisa mengembalikan kewibawaan pengadilan, mengembalikan kewibawaan aparat penegak hukum dan tidak lagi ada kriminalisasi pada siapa pun-siapa pun juga, lawan politik bahkan pribadi-pribadi tak bersalah termasuk ulama, termasuk oposisi," kata Anies.

Maka dari itu, Anies menekankan hukum tak seharusnya digunakan untuk kepentingan politik semata. Melainkan untuk menghadirkan rasa keadilan bagi seluruh masyarakat sesuai dengan tujuan penegakan hukum.

"Karena hukum bukan dipakai untuk kepentingan politik, tapi hukum dipakai untuk menghadirkan rasa keadilan. Tujuan penegakan hukum adalah menghadirkan keadilan, bukan sebagai alat," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya