Survei Voxpopuli: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,4 Persen dan Berpotensi Menang Satu Putaran

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berpeluang menang satu putaran dalam Pemilu Presiden 2024, demikian hasil survei Voxpopuli Reasearch Center.

Ditanya Komika Soal Makan Siang Gratis, Ini Jawaban Gibran Rakabuming

"Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran pada Pilpres 2024 mendatang," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Jumat, 24 November 2023.

Pada simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran menembus 51,4 persen, jauh meninggalkan Ganjar-Mahfud (24,3 persen) dan Anies-Muhaimin (16,6 persen). Dengan demikian, Pemilu Presiden diprediksi tidak sampai dua putaran.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Achmad mengungkapkan ada lonjakan signifikan dalam elektabilitas Prabowo Subianto ketika dipasangkan dengan putera sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

Pada survei bulan September 2023, elektabilitas Prabowo belum mencapai 40 persen pada simulasi tiga nama capres.

"Masuknya nama Gibran sebagai cawapres mendongkrak elektabilitas Prabowo hingga mendapat tambahan hampir 15 persen dalam simulasi pasangan capres-cawapres," kata Achmad. 

Sebaliknya, elektabilitas Ganjar dan Anies menurun cukup signifikan, kata Achmad.

Pasangan Capres cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Akun X @cakimiNOW

"Ketika dipasangkan dengan cawapres masing-masing, elektabilitas pasangan tersebut justru menyusut dan kembali seperti pada elektabilitas capres pada simulasi banyak nama dalam survei bulan September 2023," ujarnya.

Kehadiran Gibran dalam arena Pemilu Presiden 2024 menjadi game changer yang mengubah konstelasi pencapresan. Padahal sebelumnya Prabowo dan Ganjar bersaing cukup ketat hingga Pemilu Presiden diperkirakan berlangsung dalam dua putaran.

Survei Voxpopuli Research Center diadakan pada 9-15 November 2023, kepada 1200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini adalah ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya