Pesan Jokowi untuk Generasi Milenial: Jadi Pejuang yang Tidak Mudah Menyerah

Presiden Jokowi meresmikan Hunian Milenial untuk Indonesia di Depok
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia akan menikmati puncak bonus demografi dengan 68 persen penduduk berada pada usia produktif tahun 2030 mendatang. Menurut dia, generasi milenial dan generasi Z memiliki komposisi yang besar dan muncul sebagai kekuatan baru yang dinamis serta sangat berpengaruh dalam menentukan masa depan bangsa.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Generasi milenial dan generasi Z merupakan calon pemimpin-pemimpin masa depan, yang dapat memberi warna dan lompatan menuju Indonesia maju yang berkemajuan,” kata Jokowi dikutip pada Jumat, 24 November 2023.

Presiden Jokowi bersama tujuh staf khusus baru dari kalangan milenial

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Oleh sebab itu, Jokowi berharap seluruh generasi milenial dan generasi Z dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan meningkatkan kapasitas, meningkatkan keahlian, serta meningkatkan mentalitas pejuang yang cinta tanah air dan tidak mudah menyerah.

“Memiliki budi pekerti luhur agar siap mengisi peluang-peluang baru menjadi bagian dari talenta-talenta global, dan membangun masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Maka dari itu, Jokowi mengatakan kegiatan Indonesia Millenial and Gen Z Summit (IMGS) tahun 2023 ini patut diapresiasi karena diharapkan dapat menjadi forum untuk memperkaya wawasan, memperluas jaringan.

“Dan melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada 2030 mendatang. Untuk itu, ia berharap generasi anak muda harus berkontribusi dalam membangun Indonesia.

“Kita optimalkan generasi muda bisa berkontribusi lebih besar lagi pembangunan Tanah Air,” kata Jokowi.

Tentu, kata Jokowi, tantangan akan tidak mudah apalagi di era disrupsi, era hyper kompetisi seperti sekarang ini. Makanya, Jokowi mengingatkan generasi muda harus inovatif. 

“Generasi muda dituntut untuk kreatif, adaptif, dan inovatif menghadapi perubahan-perubahan yang demikian cepatnya,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya