Di Merauke Papua, Ganjar Pranowo Bicara Prioritas Pembangunan di Negeri Matahari Terbit

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Merauke, Papua.
Sumber :
  • istimewa

MeraukeCapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memulai masa pertama kampanye Pilpres 2024 di Merauke, Papua, Selasa 28 November 2023. Dia berbicara soal memprioritaskan pembanguna di daerah yang paling timur Indonesia itu, dimana matahari pertama terbit di wilayah NKRI tersebut.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Ganjar menyebut dirinya yang akhirnya kembali mengunjungi wilayah timur Indonesia setelah tidak lagi menjabat sebagai anggota DPR RI. Ganjar bercerita kalau saat ini wilayah timur Indonesia khususnya wilayah Papua, sudah berkembang dengan cepat.

"Kami masih ingat betul sejak saya masih di DPR RI, Papua itu didesain menjadi 5 provinsi dan hari ini sudah menjadi 6 provinsi," ujar Ganjar, di Desa Waninggap Naggo, Distrik Semangga, Merauke, Papua Selatan, pada Selasa 28 November 2023.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Ganjar menjelaskan, bahwa ada sebuah harapan baru kini di wilayah timur Indonesia. Sebab, dari 6 provinsi baru hasil pemekaran itu, diharapkan bisa menjadi daerah yang bisa lebih berkembang lagi.

"Dari 6 provinsi inilah, sebuah harapan baru diberikan agar kemudian pengurus otonomi daerahnya lebih cepat, lebih sat-set, dan lebih maju. Ini yang kita harapkan," kata Ganjar.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Ganjar juga menuturkan desa-desa di Indonesia Timur itu butuh prioritas yang lebih tinggi lagi dari pemerintahan.

"Daerah negeri matahari terbit inilah ada sebuah harapan besar di mana desa remote area perlu mendapatkan prioritas untuk dibangun, perlu mendapat prioritas," bebernya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo hari ini langsung melakukan kampanye ke wilayah Tanah Papua, Merauke. Dia pun langsung mendapatkan sambutan meriah oleh warga Papua ketika baru saja tiba di Bandara Internasional Mopah, Merauke, Selasa 28 November 2023.

Ratusan warga sudah berkumpul di pintu kedatangan, sejak pagi hari. Mereka antusias menjemput dan menyambut Ganjar dengan gegap gempita. 

Tari Samat langsung ditampilkan warga Papua menyambut kedatangan Ganjar. Pun, mereka juga langsung menyematkan noken dan mahkota kepada Ganjar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya