Debat Perdana 12 Desember, Sudirman Said: Tak Ada Persiapan Khusus, Amin Background-nya Aktivis

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan jadwal debat capres cawapres. Waktu terdekat, debat pertama akan digelar pada 12 Desember 2023.

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo: Generasi Muda Melihat Siapa yang Tulus dan Dibuat-dibuat

Wakil Kapten Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin), Sudirman Said mengatakan pasangan capres dari Koalisi Perubahan itu tidak punya persiapan khusus untuk menghadapi debat perdana Pilpres 2024.

"Kita tidak menyiapkan khusus, karena apa-apa yang ditawarkan sudah sering ditawarkan. Dan, itu sudah menjadi pengetahuan publik juga," ujar Sudirman Said kepada wartawan, Rabu, 29 November 2023.

4 Orang Sudah Konsultasi Maju Cagub Jakarta Jalur Independen, Siapa Saja?

Sudirman Said

Photo :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

Sudirman jelaskan persiapan pasangan Amin hanya butuh istirahat yang cukup. Sebab, belakangan ini jadwal mereka padat dengan jadwal kampanye.

Prabowo Gaungkan Program Makan Siang Gratis, Gerindra: Mudah-mudahan Warteg Bisa Kecipratan

"Barangkali istirahat yang cukup supaya pada waktu debat tuh segar nggak capek. Insya Allah mulai tanggal 10, kan debatnya tanggal 12 maka dua hari sebelumnya," kata dia.

Menurutnya, Anies dan Cak Imin sudah terbiasa ikut dalam forum debat sejak mahasiswa. Kata dia, Anies dan Cak Imin merupakan pasangan dengan latar belakang aktivis.

"Pasangan ini background-nya aktivis, bukan birokrat, bukan penguasa, bukan militer gitu. Terbiasa dengan diskusi publik sejak mahasiswa, jadi terbiasa," tutur Sudirman.

KPU sudah menetapkan jadwal debat untuk tiga pasangan capres dan cawapres. Ada 5 sesi debat yang rencananya semua akan dilangsungkan di Jakarta. Sementara, debat perdana akan diselenggarakan pada Selasa, 12 Desember 2023 di Jakarta.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari jelaskan detail jadwal debat capres-cawapres yang akan digelar sebanyak 5 kali tersebut. Debat pertama diselenggarakan pada 12 Desember 2023. Lalu, dilanjut sesi kedua yaitu tanggal 22 Desember 2023.

Kemudian, debat ketiga digelar pada 7 Januari 2024. Selanjutnya, sesi keempat 14 Januari 2024. Sesi terakhir atau debat ke-5 digelar pada 4 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya