Ganjar Pranowo: Pemilih Pemula Lebih Tertarik pada Gimik daripada Visi-Misi

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan banyak anak muda atau pemilih pemula yang lebih tertarik pada gimik politik daripada menyimak pemaparan visi dan misi serta program para kontestan Pemilu.

Prabowo Siap Buktikan Janji Kampanye Makan Siang Gratis, Termasuk di Aceh dan Sumbar

"Banyak media ketika bertanya kepada saya apa visi dan misinya, apa programnya, dan seterusnya. Kalangan pemilih, apalagi pemilih pemula, itu enggak terlalu tertarik, yang tertarik lebih kepada gimik," ujar Ganjar dalam Dialog Pers di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Kamis, 30 November 2023.

Demokrasi dapat berjalan dengan baik apabila bersamaan dengan adu ide serta gagasan, katanya, menegaskan.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Banyak peneliti dan pemerhati politik mengingatkan tentang bagaimana seharusnya demokrasi berjalan secara substansial, tidak prosedural, dan kemudian para kandidat itu bisa menyampaikan apa yang menjadi ide, gagasan, kondisi, dan solusi.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Menurut Ganjar, visi dan misi sangat penting menjadi pembahasan dan memberikan dampak berkelanjutan calon pemimpin. Maka, konstitusi dan demokrasi bernegara bisa dilanjutkan dengan baik.

"Saya khawatir, kalau setiap memimpin baru, kemudian punya visi sendiri, dan kemudian berbeda dengan konstitusi, bengkak-bengkok itu," ujarnya.

KPU RI, pada 13 November, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pemilu Presiden 2024 pada 14 November, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya