Dituding Minta Debat Cawapres Ditiadakan, Kapten Timnas Amin Bilang Begini

Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Marsekal Madya TNI (purn.) Muhammad Syaugi Alaydrus saat memberikan sambutan di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 26 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Rio Feisal

Jakarta - Kapten Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yaitu Marsekal Madya TNI (Purn), M Syaugi Alaydrus membantah tuduhan jika pihaknya yang menginginkan debat khusus cawapres ditiadakan. Syaugi menegaskan usul debat cawapres ditiadakan itu bukan dari pihaknya.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Iya, itu tidak benar. Kan KPU sudah menyatakan bahwa tetap ada debat cawapres, dan yang sudah hadir di dalam KPU itu dari wakil timnas AMIN adalah Bu Nini (Nihayatul Wafiroh), sudah menyatakan dengan jelas bahwa pasangan Amin tetap meminta ada debat cawapres, jadi itu sudah jelas. Jadi kalau yang meminta tidak ada debat cawapres itu bukan dari kelompoknya tim Amin," ujar Syaugi kepada wartawan di Sekretariat Timnas Amin, Jakarta Pusat, Senin, 4 Desember 2023.

Syaugi Alaydrus Resmi Jadi Kapten Timnas AMIN

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Syaugi mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu janji KPU untuk mengundang kembali seluruh tim pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk memutuskan hal tersebut. 

"Pembicaraan sudah waktu itu, kan KPU janjinya nanti akan mengundang kembali seluruh tim Paslon untuk memutuskan, itu sudah disampaikan cuman belum diundang sampai sekarang, kita menunggu saja," ucap Syaugi.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Sebelumnya, Masalah tidak adanya debat khusus cawapres, menjadi sorotan publik. Bahkan dialamatkan pada salah satu cawapres yang ikut kontestasi di Pilpres 2024. Termasuk capres Anies Baswedan, ikut mengomentari terkait hal tersebut.

Dalam keterangan persnya, Anggota Dewan Pakar Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo, memberi penjelasan. Termasuk menjawab pernyataan Anies yang menyebut dirinya terkejut, sebab belum ada pembicaraan bersama tetapi sudah ditetapkan.

Dradjad menegaskan, yang meminta tidak ada debat cawapres adalah kubu AMIN, Anies-Muhaimin atau Cak Imin. Dradjad mengatakan usulan agar capres dan cawapres hadir bersama dalam setiap debat muncul dalam rapat atau diskusi dengan KPU pada 29 November 2023. Perwakilan Prabowo-Gibran ada 6 orang, dipimpin oleh Burhanuddin Abdullah sebagai Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

"Perwakilan Anies-Muhaimin menyampaikan beberapa masukan/usulan. Salah satunya berbunyi kira-kira sebagai berikut: 'Agar dalam setiap sesi debat, capres dan cawapres hadir bersama, pembagian waktu/porsi berbicara silakan diatur oleh KPU'. Usulan ini disampaikan oleh seorang ibu dari perwakilan Anies-Muhaimin dan dikuatkan oleh rekannya. Notulis kami tidak mengetahui nama keduanya, tapi saya yakin KPU mempunyai daftar hadir, atau mungkin rekaman dari rapat tersebut," jelas Dradjad dalam keterangannya, Minggu 3 Desember 2023.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut Dradjad menjelaskan, dengan usulan tersebut, maka saat mendapat kesempatan berbicara, pihaknya yang diwakili Burhanuddin Abdullah menyampaikan beberapa masukan. Termasuk menyetujui usulan dari AMIN tersebut.

"Dengan demikian, jelas dan gamblang bahwa Presiden Jokowi sama sekali tidak melakukan intervensi urusan debat kepada KPU. Bahkan saya pribadi meyakini, Beliau tidak mengetahui tentang adanya usulan tersebut," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya