Anies-Cak Imin Pastikan Lanjutkan Program Bansos Era Jokowi

Ilustrasi penerima bansos PKH
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Bantuan sosial atau bansos, dengan berbagai programnya yang telah dilakukan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, akan dilanjutkan oleh pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, bila menang di Pilpres 2024 ini.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 itu, telah memperkenalkan program Bansos Plus. Meskipun itu sebagai program yang ditawarkan oleh pasangan Amin, tapi program bansos di era Presiden Jokowi tetap akan berlanjut.

"Bagaimana dengan program bansos eksisting lainnya yang sudah berjalan? Akan dilanjutkan," ujar Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional atau Timnas Amin, Surya Tjandra, saat dihubungi, Selasa, 19 Desember 2023.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Surya menjelaskan bahwa Bansos Plus yang ditawarkan Anies-Cak Imin dipastikan, punya kelebihan dibandingkan bansos yang telah ada sekarang ini. Khususnya dari aspek kualitas, kuantitas, dan pelayanan.

Bansos Plus yang ditawarkan meliputi BLT tambahan untuk lansia dan disabilitas masing-masing sebesar Rp 300 ribu per bulan. Lalu, penerima manfaat dari KIP Kuliah Plus dari Rp 900 ribu orang akan menjadi Rp 1,9 juta perorang.

Pakar Hukum: Penambahan Jumlah Kementerian Keniscayaan Konstitusional

Kemudian untuk kelompok KIP Plus, khususnya siswa di akhir jenjang yakni, kelas 6 SD, 3 SMP, 3 SMA akan dapat tambahan bantuan sejumlah Rp 500 ribu. Dana untuk menutup kebutuhan biaya tambahan ketika naik jenjang sekolah.

Ada juga bansos untuk Kepala Keluarga Perempuan. Anies-Cak Imin bakal memberikan bantuan sebesar Rp 500 ribu per bulan untuk kelompok baru ini.

Sebelumnya, Anies Baswedan turut melakukan kampanye di sebuah pemukiman kumuh kawasan Pekanbaru, Riau. Dalam kampanye tersebut Anies turut memperkenalkan program Bansos Plus.

"Jadi program Bansos Plus yang ada sekarang ini akan kita tingkatkan. Plus apa? Plus manfaatnya, plus penerimanya dan plus pelayanannya," ujar Anies kepada wartawan, Rabu 13 Desember 2023.

Adapun program Bansos Plus yang dijanjikan oleh Anies Baswedan itu akan memberikan sebuah pelayanan melebihi bansos yang tengah berjalan di pemerintahan saat ini. Selain itu, Anies menjamin setiap warga yang membutuhkan akan mendapatkan Bansos Plus.

"Maka mereka bisa menerima, karena masih banyak kita menemukan keluhan, warga yang seharusnya menerima (bansos) tapi belum," ucap Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya