Acara 'Desak Anies' di Mataram Dipindah Last Minute, Anies Ultimatum Aparat Netral

Capres Nomor 01 Anies Baswedan saat melakukan kampanye
Sumber :
  • Dok Anies Baswedan

MataramCapres nomer urut satu, Anies Baswedan merasa geram ketika acara 'Desak Anies' di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipersulit sehingga harus bergeser lokasi.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Awalnya, acara 'Desak Anies' direncanakan berlangsung di Taman Budaya Provinsi NTB, Jalan Majapahit Nomor 2 Mataram. Namun, terpaksa pindah tempat di Amanah Food Court, Jalan Majapahit No. 100, NTB.

"Saya ingin mengimbau kepada pemerintah untuk memberikan arahan kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN), agar bersikap netral, dan tidak mempersulit salah satu calon, baik itu pilpres maupun pileg," ujar Anies di 'Desak Anies' Mataram, Selasa 19 Desember 2023.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Dia pun menegaskan kalau acara dipersulit seperti itu tidak terjadi sekali. Seringkali terjadi.  Bahkan, kata Anies, situasi seperti itu terjadi di menit-menit akhir ketika kegiatan akan dilaksanakan. "Kami rasakan bukan hanya sekali. Sudah berkali-kali. Last minute, izin dibatalkan secara sepihak," ungkap Anies.

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin menyapa warga Depok, Jawa Barat

Photo :
  • Dok A Muhaimin Iskandar
Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Anies menjelaskan kalau Indonesia itu merupakan negara yang merdeka. Maka itu, semua kontestan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memiliki hak yang sama untuk menjalani proses kampanye.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta semua aparat penegak hukum itu bersikap netral. Jika tidak, maka harus diberi diberi sanksi supaya prinsip kedisiplinan ditegakkan.

"Jika ada sikap tidak netral yang dibiarkan, itu artinya boleh tidak netral. Tapi bila ada sikap tidak netral dan dapat sanksi maka pesan bagi yang lain harus netral juga. Jadi saya mengimbau kepada semuanya," kata Anies.

Anies berjanji akan mengungkap setiap adanya penghalangan dari sejumlah pihak. Sebab, kata Anies, aksi itu bukan praktik yang sehat bagi demokrasi.

"Kami akan mengungkapkan saja setiap kali ada penghalangan-penghalangan, kami laporkan kepada publik bahwa ini bukan praktik yang sehat. Karena kita ingin menjaga demokrasi kita," tegas Anies.

Anies sejatinya tengah melanjutkan kegiatan kampanyenya di NTB. Kini, dia tengah silaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Aziziyah, pertemuan terbatas dengan masyarakat NTB di Stadion 17 Desember, dan menghadiri acara Desak Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya