Anggaran Makan Siang Gratis Prabowo Bakal Telan Rp 450 Triliun, TKN Jamin Tak Gerus Dana Bansos

Hashim S Djojohadikusumo (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo mengatakan program makan siang dan susu gratis yang akan diberikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menelan dana Rp450 triliun setiap tahunnya. 

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Dana untuk program makan siang gratis yang dimaksud kata Hashim tiga kali lebih besar dari anggaran pemerintah untuk pertahanan TNI.

"Tiap hari nih kita akan berikan makanan gratis untuk 82,9 juta jiwa minimal, dan saya bisa katakan bahwa program ini akan memakan dana Rp450 triliun setiap tahun," kata Hashim dalam acara Konsolidasi Pasukan Digital Menangkan Prabowo-Gibran di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember 2023.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Eat This

"Dana ini tiga kali anggaran pertahanan TNI setiap tahun, tiga kali lebih anggaran TNI dan pertahanan Rp137 triliun dan program untuk makan gratis Rp450 triliun," sambungnya. 

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Meski menelan biaya besar, Hashim menjamin program makan siang dan susu gratis ini tak akan menggerus anggaran bantuan sosial (bansos). 

"Ini ada dana baru dan saya jamin, Prabowo jamin, tim pakar. Dana ada dan bakal ada. Ini bukan dari anggaran bansos, anggaran bansos itu tetap bansos, kita tidak akan ambil uang bansos untuk ini (program makan siang dan susu gratis)," jelasnya. 

Program Makan Siang Obsesi Prabowo

Prabowo Subianto di GOR Soekarno-Hatta, Kota Blitar

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya diberitakan, Hashim Djojohadikusumo mengatakan program makan siang gratis merupakan obsesi calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto. 

Kata Hashim, obsesi Prabowo untuk memberikan makan siang gratis kepada masyarakat itu sudah ada sejak tahun 2006 silam.

"Ini semata-mata idenya Prabowo sejak tahun 2006. Saya bersaksi, Prabowo ini terobsesi, setiap kali saya ketemu dia, hampir setiap kali dia bicara gizi-gizi, susu, ikan, kacang hijau, makanan gratis. Prabowo terobsesi, Pak Rosan. Dia sudah terobsesi," kata Hashim di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember 2023.

Hashim mengatakan program makan siang gratis ini akan langsung diberikan ketika Prabowo dan Gibran memenangkan Pilpres 2024 dan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029.

Nantinya, program makan siang gratis ini akan diberikan Prabowo-Gibran kepada 78 juta anak sekolah dan pra sekolah. 

"Prabowo Gibran menawarkan dan nanti saat dilantik insyaallah jadi presiden dan wakil presiden RI mereka akan mulai program yang luar biasa dahsyat, program nakannsiang gratis satu kali sehari, makan siang gratis untuk 78 juga anak sekolah, pra sekolah sampai bocil-bocil," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya