Tanggapi Mahfud MD soal Pejabat Negara Sibuk Kampanye, Anies: Sebuah Ujian, Apakah Bisa Lulus?

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat memberikan keterangan di Kota Lubuklingau, Sumatra Selatan, Senin, 18 Desember 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Serang – Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan menyebut pejabat negara yang masih sibuk kampanye itu sebagai seseorang yang tengah menghadapi ujian. Menurut Anies, sosok tersebut mampu menuntaskan ujian itu atau tidak.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Bagi mereka yang sedang menjabat, sebenarnya sebuah ujian apakah bisa lulus menjaga kepentingan publik, menjaga fasilitas umum. Bahkan, menjaga keputusan-keputusan agar tidak terjadi konflik kepentingan dengan kepentingan kampanyenya," ujar Anies saat kampanye di Serang, Banten, Kamis, 21 Desember 2023.

Anies menjelaskan omongannya itu sebagai bentuk merespons pernyataan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Dia menyinggung kalau pejabat-pejabat yang sibuk berkampanye tanpa mengindahkan tugas negara yang masih diemban.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD acara Peringatan Hari Migran Sedunia di Depok, Jawa Barat, Rabu, 20 Desember 2023.

Photo :
  • Instagram Mahfud MD

Dia pun menceritakan soal perjalanannya ketika menentukan akan maju di Pilpres 2024. Dia maju setelah purna dari posisi Gubernur DKI Jakarta.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Sehingga, bisa menjalankan tugas sebagai calon tanpa ada kekhawatiran konflik kepentingan," ujar Anies.

Anies menyampaikan hal itu dilakukan agar tetap konsisten dan tak terjadi konflik kepentingan. Dia khawatir ada anggapan negatif oleh publik.

"Memang itu harus kita jaga. Sebenarnya harus memberikan contoh bagaimana kita tidak memanfaatkan fasilitas publik untuk aktivitas kampanye," lanjutnya.

Mahfud sebelumnya sempat menyinggung ada pejabat yang memakai waktu kerja untuk berkampanye. Hal itu disampaikan Mahfud dalam acara dialog diaspora warga Nusa Tenggara Timur (NTT) se-Jabodetabek.

Mulanya, Mahfud itu bicara terkait aturan yang membatasi caleg atau capres-cawapres untuk berkampanye di hari kerja. Namun, menurut dia, aturan itu tak pernah diperhatikan oleh setiap caleg maupun capres-cawapres.

"Ada aturan tentang kampanye. Aturan itu membatasi calon untuk berkampanye di luar ketentuan. Tapi, ketentuan itu nyatanya tidak pernah digubris," kata Mahfud di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta Pusat, Selasa malam, 19 Desember 2023.

"Orang yang di sana itu, pada di luar daerah, pidato. Kapan ngantornya? Kok banyak orang, kemarin di Jawa Tengah, besok ada di Sulawesi. Saya melakukan itu kan bisa juga, tetapi saya tidak," lanjut Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya