3 Strategi Mahfud MD Genjot Perdagangan Internasional RI

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menegaskan setidaknya ada 3 strategi yang akan diusungnya bersama capres Ganjar Pranowo guna mendorong kinerja perdagangan Indonesia ke depannya. Sehingga berbagai kerja sama dagang internasional bisa lebih berjalan maksimal. 

Buka Perwakilan di 5 Negara, Ekonomi Kreatif RI Mulai Ekspansi ke Eropa

“Sekurang-kurangnya ada 3 hal yang jadi strategi,” ungkap Mahfud saat debat cawapres di Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Mahfud menjelaskan, strategi pertama adalah utamakan diplomasi ekonomi. “Duta besar yang ada di luar negeri itu jadi duta ekonomi, optimalkan kerja sama dengan negara lain, tambahnya.

Mendagri Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,11 Persen, tapi Akui Masih Belum Merata

Kedua kata Mahfud, integerasi perdagangan nasional akan dimaksimalkan guna memenuhi standar internasional. Sehingga produk-produk dalam negeri bisa mendapatkan pasar global.

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ketegangan Geopolitik hingga Inflasi di Bawah Ekspektasi, OJK: Stabilitas Keuangan RI Masih Terjaga 

“Ketiga kita juga buat regulasi di sini agar tidak dicurangi pelaku ekonomi di dalam yang berkongsi dengan pejabat publik,” tegasnya.

Diketahui, KPU RI kembali menggelar debat dalam rangkaian proses tahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Kini, KPU menggelar debat perdana untuk calon wakil presiden di JCC Senayan, Jakarta.

Adapun, calon wakil presiden yang akan mengikuti debat yaitu Muhaimun Iskandar (Cak Imin, nomor urut 1; Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden nomor urut 2; dan Mahfud MD calon wakil presiden nomor urut 3.

Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar.

Sementara, tema yang akan dibahas dalam debat malam ini yaitu ekonomi meliputi ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya