Survei Indikator: Publik Sepakat, Gibran Pemenang Debat Cawapres

Para Cawapres saat debat KPU
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyoroti dominasi Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres yang digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Hal itu terlihat dari hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menunjukkan mayoritas responden menganggap Gibran sebagai pemenang, unggul dari Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU

Photo :
  • Istimewa
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Dalam konteks debat capres, meskipun Anies dianggap paling baik penampilannya tidak dominan, tidak mencapai 50%. Tapi dalam konteks cawapres, Gibran secara mayoritas dinobatkan sebagai pemenang debat," kata Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan tertulis Selasa, 26 Desember 2023.

Dalam survei yang digelar via telepon pada tanggal 23-24 Desember ini, sebanyak 35,9% responden menyatakan menonton debat, sementara 63,9% lainnya tidak menyaksikan acara tersebut. Dari responden yang menonton, 56,2% menganggap Gibran Rakabuming Raka adalah penampil terbaik, diikuti oleh Mahfud MD 24,2% dan Muhaimin Iskandar 12,3%. 

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Menurut Guru Besar Ilmu Politik, FISIP, UIN Jakarta ini, penilaian publik bisa jadi dipengaruhi oleh ekspektasi yang terlalu rendah terhadap Gibran. Sebelum debat, Gibran kerap dipersepsikan sebagai cawapres yang paling lemah. 

"Jadi ini adalah the beauty of being underdog. Kalau orang diposisikan sebagai underdog itu enak, kalau bagus dikit langsung dianggap bagus. Apalagi kemarin bukan hanya dianggap bagus dikit, dianggap dominan. 56% responden menganggap Gibran sebagai penampil terbaik dalam debat cawapres" ujar Burhanuddin.

Menariknya, kata dia, keunggulan Gibran juga diakui oleh pemilih dari partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju. PDIP, misalnya, sebagai partai pengusung utama Ganjar-Mahfud, 44,4% pemilihnya justru memilih Gibran sebagai penampil terbaik, unggul dari Mahfud MD yang dipilih oleh 42,8% responden.

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hal serupa juga terlihat dari pemilih partai Koalisi Perubahan sebagai pengusung Anies-Muhaimin. Sebesar 38% pemilih PKB menilai Gibran lebih baik dari Muhaimin yang dipilih 28,4% responden. Kemudian 45,1% pemilih NasDem menilai Gibran unggul dalam debat cawapres, mengalahkan cawapres mereka sendiri Muhaimin Iskandar yang hanya dipilih oleh 26,3% pemilih Nasdem.

"Secara absolut pemilih PDIP menilai Gibran-lah pemenang debat. Pemilih PKB pun rasional sekali. Pemilih PKB itu 38% menganggap Gibran yang unggul, disusul Mahfud baru terakhir Muhaimin Iskandar. Pemilih NasDem juga kebanyakan memilih Gibran," pungkas Burhanuddin.

Survei Indikator Politik Indonesia digelar pada 23-24 Desember 2023, melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak. Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara profesional. Adapun margin of error yakni +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya