Prabowo: Kasihan Rakyat, Prajurit TNI, Polisi kalau Ada Pemimpin Kerjanya Hanya Menghasut

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memperingatkan bahwa nilai-nilai kejujuran dan cinta tanah air sangat penting dalam kepemimpinan nasional termasuk dalam masalah pertahanan dan keamanan negara.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

"Jadi, saya sependapat harus ada kepemimpinan berdasarkan nilai. Jadi, hubungan dengan etik, benar, ya, kita harus beretik, dengan benar, jujur apa yang kita katakan itu, ya, yang ada di hati kita, jangan lain di mulut lain di hati, dan harus cinta tanah air," kata Prabowo, menjawab pertanyaan Anies Baswedan, dalam forum debat calon presiden di Jakarta, Minggu malam, 7 Desember 2024.

Masalah pertahanan dan keamanan negara, Prabowo menekankan, merupakan urusan sakral, karena menyangkut keselamatan rakyat. Pemimpin atau calon pemimpin jangan menghasut dam menyesatkan rakyat atas dasar kepentingan dan ambisi pribadi.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Ganjar Pranowo Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sekali lagi jangan karena ambisi pribadi kita menyesatkan rakyat, kita menghasut rakyat, kita membahayakan pertahanan keamanan rakyat; kasihan prajurit-prajurit yang sudah berjuang untuk menjaga kita, polisi-polisi yang menjaga, kita kasihan kalau ada calon pemimpin yang kerjanya hanya menghasut saja."

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo dalam forum debat itu juga menerima sejumlah pertanyaan dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tentang kebijakan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dalam pembelian 12 unit pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar.

Anies mempertanyakan kebijakan itu karena, di antaranya 12 pesawat tempur tersebut dibeli dari uang hasil utang luar negeri, selain juga tidak sesuai dengan kebutuhan akan ancaman pertahanan dan keamanan Indonesia pada masa depan. Sementara Ganjar Pranowo menyoalnya karena menurutnya pesawat-pesawat perang tersebut dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan alusista yang diperlukan oleh TNI.

Debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya