Istana Buka Suara soal Usulan Pemakzulan Jokowi

Presiden Jokowi di Kabupaten, Serang, Banten.
Sumber :
  • Akun X @jokowi

JakartaKoordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana buka suara soal usulan dilakukan pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, menyampaikan aspirasi tentu merupakan hal yang wajar dalam era demokrasi.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

“Dalam negara demokrasi, menyampaikan  pendapat, kritik atau bahkan punya mimpi-mimpi politik adalah sah-sah saja,” kata Ari pada Jumat, 12 Januari 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Apalagi, kata dia, saat ini tengah memasuki tahun politik, pasti ada saja pihak-pihak yang mengambil kesempatan gunakan narasi pemakzulan Presiden Jokowi untuk kepentingan politik elektoral.

“Tetapi, terkait pemakzulan Presiden, mekanismenya sudah diatur dalam Konstitusi. Koridornya juga jelas, harus melibatkan lembaga-lembaga negara (DPR, MK, MPR), dengan syarat-syarat yang ketat. Diluar itu adalah tindakan inkonstitusional,” ujarnya.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Menurut dia, terkait tuduhan kecurangan pemilu, klaim itu juga harus diuji dan dibuktikan dalam mekanisme yang sudah diatur dalam UU. Sebab, kata dia, sudah ada Bawaslu sesuai UU.

“Berdasarkan UU, Bawaslu dibentuk untuk mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu, menerima aduan, menangani kasus pelanggaran administratif Pemilu serta pelanggaran pidana Pemilu berdasarkan tingkatan sesuai peraturan perundang-undangan. Jadi, apabila terjadi pelanggaran pemilu, laporkan saja ke Bawaslu,” ungkapnya.

Presiden Jokowi menghadiri acara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023

Photo :
  • Setpres

Dalam dinamika politik jelang pemilu, Ari menegaskan Presiden Jokowi terus bekerja untuk memimpin pemerintahan sampai akhir masa jabatan. Tentu, lanjut dia, pemerintah bersyukur karena kepercayaan, dukungan dan kepuasan rakyat kepada Presiden Jokowi terus menguat disisa masa akhir jabatannya ini.

“Ini bisa dilihat dari hasil survey dari lembaga survei kredibel, tingkat kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi  masih tetap tinggi, diatas 75 persen. Dukungan rakyat menjadi ‘energi’ untuk menuntaskan program-program prioritas pemerintahan  agar dampaknya makin dirasakan oleh rakyat di seluruh penjuru Tanah Air,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya