Debat Cawapres 2024

Cek Fakta: Cak Imin Sebut Ada 2.500 Tambang Ilegal di Indonesia

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat debat perdana cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Dalam Debat Keempat Pilpres 2024 malam ini, Minggu, 21 Januari, Cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, menurut data Kementerian ESDM ada tambang illegal sebanyak 2.500. Kata dia, tambah yang legal saja tidak membawa kesejahteraan. Menurutnya, proses dan bisnis tambang utamanya hal hilirisasi masih ugal-ugalan.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Cek Fakta: 

Dikutip dari situs BPK RI, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut ada sebanyak 2.741 lokasi Pertambangan Tanpa Izin (PETI) alias tambang ilegal di Indonesia, terdiri dari 96 lokasi PETI komoditas batu bara dan 2.645 lokasi tambang ilegal mineral. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Soal keberadaan PETI ini, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin menegaskan bahwa PETI ini bukanlah pertambangan rakyat, PETI tidak ikuti tata kelola pertambangan yang baik, membahayakan dan merusak.

Dalam acara Dialog Minerba bersama Media dan Generasi Muda yang digelar pada Senin, 27 September 2021, tambang rakyat yang sesungguhnya adalah pertambangan yang mengikuti regulasi serta aturan yang ada. Sementara PETI tidak mengikuti regulasi atau ketentuan yang berlaku. 

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM bekerja sama dengan masyarakat berkomitmen membuat PETI tidak ada lagi di Indonesia. Hal ini menurutnya penting karena PETI ini melanggar Undang-Undang (UU) dan regulasi yang ada.

Anies Baswedan menghadiri halal bihalal dan Milad ke-22 PKS

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Sejumlah tokoh parpol hingga tokoh nasional hadir di acara halal bihalal dan Milad PKS ke-22 di kantor DPP PKS

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024