Heboh Salam 2 Jari dari Mobil Kepresidenan, Ma’ruf Amin: Itu Urusan Bawaslu

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • BPMI Setwapres

Jakarta - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin enggan berspekulasi lebih terkait salam dua jari yang terlihat dari mobil iring-iringan Presiden Jokowi saat melintas di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Ma’ruf Amin menekankan itu urusan Bawaslu untuk menilai.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

"Ya termasuk itu (salam dua jari) juga nanti urusan Bawaslu saja," kata Wapres Ma'ruf di Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

Ma’ruf Amin menyampaikan itu sekaligus menjawab soal adanya bantuan sosial bergambar salah satu pasangan calon yang dibagikan kepada masyarakat.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Mobil kepresidenan dikawal Paspampres.

Photo :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

Ma'ruf menegaskan polemik soal bansos bergambar pasangan calon maupun pose dua jari dari rombongan Presiden menjadi urusan Bawaslu RI.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Mantan Rais Aam PBNU itu meminta masyarakat melaporkan kepada Bawaslu apabila melihat ada dugaan pelanggaran. Nantinya Bawaslu akan menentukan apakah benar terjadi pelanggaran kampanye atau tidak.

Sebelumnya, Presiden Jokowi buka suara soal salam dua jari yang viral di media sosial dari iringan mobil Presiden RI. Dari video yang beredar, ada yang mengeluarkan tangan dengan simbol salam dua jari di mobil Presiden RI saat kunjungan kerja ke Jawa Tengah.

Saat ditanya dua jari dari dalam mobil Presiden RI di Salatiga, Jawa Tengah, Jokowi cuma merespons bahwa itu menyenangkan.

“Ya kan menyenangkan. Menyenangkan,” kata Jokowi di Jakarta pada Rabu, 24 Januari 2024.

Namun, dia tak mau jelaskan lebih detail maksud dari menyenangkan tersebut. Menurut dia, bertemu masyarakat itu memang menyenangkan.

“Ya enggak tahu (maksud menyenangkan). Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya