LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Usia 30 Tahun ke Bawah Lampaui 55%

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan generasi muda berusia di bawah 30 tahun yakni generasi Y atau milenial dan Gen-Z, condong memilih pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Direktur KCI LSI Denny JA, Adjie Al Faraby menjelaskan angka tersebut bahkan telah melampaui 55 persen. Adapun pada generasi Y yakni warga berusia 30-39 tahun, Prabowo-Gibran meraup dukungan hingga 56,4 persen dan sebesar 58,6 persen pada generasi Z yang kini berusia di bawah 30 tahun.

"Pasangan Prabowo-Gibran paling telak, unggul justru di pemilih generasi milenial ke bawah," kata Adjie dalam paparannya secara daring, Selasa, 30 Januari 2024.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Kirab Kebangsaan Prabowo-Gibran di Simpang Lima Semarang

Photo :
  • Istimewa

"Namun kalo kita liat secara total, Prabowo-Gibran unggul di semua segmen usia, baik yang di bawah 30 tahun atau pemilih lansia," sambungnya. 

Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

Kemudian, Adjie juga memaparkan sejumlah hal yang membuat Prabowo-Gibran dapat menjangkau suara muda. Salah satunya adalah gaya kampanye yang kini lebih terasa humanis. 

"Pertama ada faktor Gibran sendiri karena merepresentasikan generasi milenial. Kemudian gaya kampanye Prabowo-Gibran semakin berubah, semakin terlihat humanis, ada yang lebih masuk di kalangan pemilih muda," kata Adjie. 

Selain unggul di generasi muda, suara untuk Prabowo-Gibran juga tinggi di kalangan pengguna media sosial dengan angka dukungan sebesar 49,5 persen dan masyarakat bukan pengguna sosial media sebanyak 52,8 persen.

"Jadi Prabowo-Gibran unggul di mereka yang punya media sosial, atau yang tidak punya media sosial," kata dia.

Kirab Kebangsaan Prabowo-Gibran di Simpang Lima Semarang

Photo :
  • Istimewa

Adapun, survei dilakukan pada 16-26 Januari 2024 dengan 1.200 responden dengan menggunakan kuesioner tatap muka di seluruh Indonesia, dan margin of error sebesar 2,9 persen.

Adapun, metode yang digunakan LSI Denny JA yaitu kuantitatif serta memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya