Airlangga Bantah Isu soal Risma Tak Dilibatkan dalam Penyaluran Bansos

Minister Airlangga Hartarto handed over rice food assistance to community in Batununggal District, Bandung, West Java. (Instagram/Airlanggahartarto_official
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan keterlibatan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam penyelenggaraan bantuan sosial (bansos), apalagi bansos merupakan kewenangan Kementerian Sosial.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Karena itu, dia memastikan, tak ada agenda politik apapun dalam realisasi bansos yang dibagikan kepada masyarakat. 

"Kalau bansos, anggarannya kan seluruhnya ada di Ibu Risma. Posnya itu di Kemensos. Jadi tidak ada perubahan," kata Airlangga di Jakarta, Kamis, 1 Februari 2024.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Menteri Sosial Tri Rismaharini berkunjung ke Garut, Jawa Barat

Photo :
  • Diki Hidayat (Garut)

Pernyataan Airlangga itu sekaligus menanggapi isu bahwa penyaluran bansos pada tahun politik, tidak lagi menampilkan peran Risma, apalagi belakangan penyaluran bansos dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Airlangga selaku Menko Perekonomian turut membagikan bansos.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Gejala itu memunculkan spekulasi publik bahwa tak munculnya Risma dalam penyaluran bansos karena masalah politik yang berkaitan dengan Pemilu 2024, juga dugaan keretakan para anggota kabinet menjelang Pemilu 2024. 

Risma merupakan menteri asal PDIP yang mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Presiden Jokowi disebut-sebut dalam hubungan yang kurang baik dengan PDIP terkait dengan kontestasi Pilpres 2024. Jokowi diyakini mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang menjadi rival kubu PDIP.

Airlangga menegaskan, spekulasi publik ihwal tidak ada Risma dalam penyaluran bansos merupakan hal berlebihan.  "Saya pikir kita sekarang semua masih bekerja untuk rakyat. Jadi, kami tidak melihat adanya perpecahan apapun [di kabinet], atau mau disebut apapun. kami semua masih bekerja," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya