Blusukan ke Pasar 16 Ilir Palembang, Ganjar Bicara Soal Strategi Stabilkan Harga Pangan

Calon Presiden, Ganjar Pranowo, usai blusukan di Pasar 16 Ilir Palembang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana (Palembang)

Palembang – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan blusukan di Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, 2 Februari 2024. Dalam kegiatannya itu, mantan Gubernur Provinsi Jawa Tengah ini, fokus dengan harga-harga pangan yang ia nilai masih tergolong tinggi.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Tadi saya bertanya kepada pedagang dan pembeli, di Sumatera Selatan harga pangan seperti beras, telur dan gula, masih cukup tinggi," kata Ganjar usai blusukan, di pelataran Parkir Pasar 16 Ilir Palembang.

Menurut Ganjar, dia sering melakukan blusukan ke pasar-pasar tradisional, untuk memastikan harga pangan itu sendiri. Dia menyebutkan, harga pangan turut menjadi problem yang harus dipikirkan, dan itu akan menjadi salah fokusnya jika terpilih sebagai Presiden.

Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

"Rata-rata bahan pokok naik, terkhusus beras dan gula. Rasanya makin yakin bahwa kita harus melakukan tindakan lebih cepat," ujarnya.

Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di acara debat Cawapres 2024

Photo :
  • Dok Ganjar
BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

Menurut Ganjar, masalah harga pangan ini tidak akan selesai jika hanya dibahas dalam rapat. Pemerintah harus turun langsung melihat kondisi pedagang dan pembeli. "Ketika berdebat kita tidak bisa bicara konsep tanpa melihat di lapangan. Misal bicara harga tinggi, yok kita turunkan permasalahannya ketemu kok," ujarnya.

Tak hanya harga Pangan, Ganjar juga sempat berbincang dengan supir atau Serang Ketek (Kapal kecil) yang mengeluh pendapatan mereka yang berkurang. Ditambah dengan bahan bakar solar yang sulit didapatkan.

"Untuk itu saya menyarankan kepada supir-supir ketek ini agar membuat koperasi yang nantinya dapat pendamping dan bantuan dari Pemerintah dan dapat kredit khusus usaha-usaha kecil. Maka saya rasa jadi menarik kalau di data dengan KTP saja, maka program KTP sakti bisa masuk," ujarnya.

KTP Sakti sendiri menjadi salah satu program andalan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Wakil Mahfud MD. Ini akan memudahkan masyarakat ke depan, baik untuk mendapatkan jaminan pendidikan, kesehatan hingga usaha.

Tak hanya di Pasar 16 Ilir Palembang, sebelumnya Ganjar juga blusukan ke Pasar Tradisional KM 5 Kota Palembang di hari yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya