Prabowo Minta Maaf ke Anies dan Ganjar, TKN: Negarawan, Teladan yang Sempurna

Prabowo Subianto, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Cara calon presiden atau capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang meminta maaf kepada dua rivalnya saat closing statement debat kelima Pilpres menarik perhatian publik. Bagi pendukungnya di Tim Kampanye Nasional (TKN), Prabowo memperlihatkan sikap negarawan.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan menilai sikap Prabowo yang mau minta maaf melebihi dua capres lainnya.

"Sikap kenegarawanan Pak Prabowo melebihi yang lain. Misalnya, Pak Prabowo bilang saya minta maaf," kata Arief kepada wartawan di Jakarta, Senin, 5 Februari 2024.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Menurut Arief, sejak awal Prabowo memang tak segan mengakui kesalahan dan mengakui keunggulan lawan. Pun, di beberapa debat, dia bilang Prabowo kerap setuju dengan gagasan yang disampaikan capres lain seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Tiga kontestan paslon Pilpres 2024 saat menghadiri debat kelima di JCC, Senayan,

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Selain itu, Arief menyebut sedari awal Prabowo tak pernah mengutarakan pernyataan bernada menyerang dan menyudutkan salah satu pasangan calon lain.

Arief mengklaim hal tersebut buktikan Prabowo lebih mengedepankan perdebatan yang sehat dan beradab. Kata dia, tanpa harus menyudutkan pasangan calon lain.

"Inilah teladan yang sempurna, yang harus diikuti anak muda. Bahwa di tengah persaingan situasi yang ketat kita gak boleh bawa ego pribadi karena bagi Pak Prabowo kekuasaan itu bukan segalanya, segalanya adalah persatuan bangsa," jelas Arief.

Arief juga berharap dengan sikap yang dipraktikan Prabowo, kontestasi pemilu tahun 2024 bisa berjalan dengan damai sehingga tak ada gesekan antarkelompok masyarakat.

Saat closing statemen debat kelima, Prabowo menyampaikan tiga pasangan sudah melaksanakan kampanye dengan penuh semangat. Dia bilang tiga paslon berupaya yang terbaik untuk bangsa.

Prabowo pun menuturkan minta maaf kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Komisi Pemilihan Umum.

"Saya, atas nama Prabowo-Gibran dan Koalisi Indonesia Maju minta maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar seandainya ada kata-kata yang kurang berkenan," kata Prabowo di arena debat capres, JCC, Senayan, Minggu, 5 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya