Bawaslu Temukan 13 Wilayah di Luar Negeri Belum Rampungkan Pengiriman Surat Suara

Kantor Bawaslu RI di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menemukan 13 wilayah yang belum selesai melakukan pengiriman surat suara hingga batas pengiriman surat suara. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

"Keterlambatan pengiriman surat suara ini, berdasarkan rekapitulasi hasil pengawasan Panwaslu LN (luar negeri) pada tanggal 11 Januari 2023," kata Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dikutip Selasa, 13 Februari 2024. 

Herwyn mengatakan, 13 wilayah yang belum selesai melakukan pengiriman surat suara ini, tersebar di beberapa negara. Di antaranya di Pretoria, Afrika Selatan. 

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Kotak suara logistik Pemilu/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

"TUP (Tambahan Uang Persediaan) mengalami keterlambatan yang berimplikasi pada keterlambatan pengiriman surat suara pos. Karena hal tersebut PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) telah mendapatkan pinjaman anggaran dari KBRI Pretoria dan surat suara akan dikirimkan pada Senin, 15 Januari 2024," kata Herwyn.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Selain itu, kata dia, permasalahan keamanan logistik, yakni potensi pengiriman surat suara pos tidak sampai ke pemilih hingga kesulitan verifikasi pemilih, juga menjadi salah satu hasil temuan Bawaslu di luar negeri. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam rapat konsolidasi PDIP Majalengka

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Langkah strategis PDIP, akan diambil dalam forum Rakernas partai diakhir Mei 2024. Termasuk dalam mempersiapkan gelaran pilkada serentak 2024. Juga soal dinamika politik.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024