AHY Dilantik Jadi Menteri, TKN Prabowo-Gibran: Beliau Layak Masuk Kabinet

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan AHY sebagai menteri.

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

"Ya selamat, selamat buat Mas AHY," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid kepada wartawan di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Februari 2024.

Nusron menilai, AHY layak masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju era Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini. Terlebih, AHY memiliki paras rupawan dan merupakan anak Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

"Beliau layak untuk masuk menjadi (jajaran) kabinet, wajahnya ganteng, ya kan? Anaknya presiden, wajahnya bagus, fisiknya juga oke, kesehatannya oke,” ujarnya. Dia menambahkan, “Kalau jadi menteri pun memang sudah pas kira-kira.”

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri ATR/BPN

Photo :
  • Dok AHY
Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024.

Selain itu, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pengangkatan Hadi dan AHY sebagai Menko Polhukam serta Menteri ATR/Kepala BPN berdasarkan Keputusan Presiden atau Keppres Republik Indonesia Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju sisa jabatan Periode tahun 2019-2024. Adapun Keppres ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Februari 2024.

AHY sendiri berjanji akan melanjutkan program kerja dari menteri sebelumnya, yaitu Hadi Tjahjanto dalam memberantas mafia tanah di Indonesia. 

"Semalam saya diberi arahan Pak Hadi, ini juga solusi yang bisa mengatasi banyak hal, termasuk sengketa tanah, tumpang-tindih, termasuk hal dan praktik yang melawan hukum yang selama ini dilakukan mafia tanah. Jadi pesan Pak Hadi tadi saya terima loud dan clear. Gebuk, gebuk, gebuk mafia tanah itu, akan kami lakukan Pak," kata AHY dalam pidato saat Sertijab di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat itu juga bakal meneruskan program kerja, yaitu soal retribusi tanah kepada masyarakat serta sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) 18 terkait dengan memberikan hak kepada pengusaha untuk carbon trading.

"Termasuk juga bagaimana retribusi tanah ini bisa menghadirkan 3 hal. Keadilan, kemajuan, kesejahteraan. Jadi kalau daya tangkap secara singkat, selain sertifikasi elektronik, Pak Jokowi juga mengharapkan ada revisi untuk meyakinkan terkait carbon trading. Ini bisa lebih sukses lagi," kata AHY.

Tak hanya itu, AHY juga mengatakan akan melanjutkan target 100 kota lengkap. "Kemudian tentang mencapai target sekitar 120 juta bidang PTSL. Ini juga pekerjaan yang luar biasa. Mudah-mudahan bisa kita capai bersama-sama," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya