Akhirnya Salaman Dengan AHY, Moeldoko: Namanya Juga Satu Rekan Kabinet

AHY dan Moeldoko di Istana Negara Jakarta
Sumber :
  • Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Salah satu moment yang menyedot perhatian dalam rapat kabinet paripurna di Istana Negara, adalah Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Kepala Staf Presiden, Meoldoko. Keduanya akhirnya bersalaman, di sela-sela menunggu kehadiran Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin, Senin, 26 Februari 2024.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Perseteruan AHY dan kepengurusan Partai Demokrat di bawah kepemimpinannya, bermula saat ada agenda Kongres Luar Biasa atau KLB Demokrat di Sumatera Utara. Saat itu Demokrat masih di luar pemerintahan Presiden Jokowi. Kongres yang dianggap kubu AHY itu tidak sesuai aturan, mengangkat Moeldoko sebagai ketua umum. Hingga akhirnya berproses di hukum dan dimenangkan kubu AHY. Moeldoko disebut berupaya membegal Partai Demokrat.

Setelah AHY resmi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu 21 Februari 2024, salah satu yang dicari adalah Moeldoko. Bahkan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, yang ingin lihat seperti apa respon Moeldoko setelah AHY resmi menjadi menteri.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Moeldoko mengaku biasa saja saat bertemu dengan AHY. Bahkan, mantan Panglima TNI itu menyebut tidak ada rasa kaku saat bersalaman.

“Ini kan biasa, namanya juga satu rekan kabinet. Tadi kaku enggak? Kan dilihat,” kata Moeldoko di Kompleks Kepresidenan.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Moeldoko menegaskan hubungannya dengan AHY itu biasa-biasa saja, meskipun tadi cuma salaman sebentar saja di Istana Negara. Menurut dia, semua perlu disapa dan disalami juga sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir dalam sidang kabinet.

“Kalau hubungan biasa saja. Kan yang lain perlu disalamin. Biasa-biasa saja (interaksi dengan AHY),” ujarnya.

Sementara, Moeldoko tidak menutup pintu untuk mengundang AHY berdiskusi di Kantor Staf Presiden. Sebab, Moeldoko ingin berbicara soal pemerintahan Jokowi disisa masa jabatannya hingga Oktober 2024 meskipun pernah berseteru dengan AHY.

“Enggak ada mengganggu hubungan kerja, tetap enggak ada alasan apapun. Kita berbicara efektifitas pemerintah. Bisa aja saya undang ke kantor kan. Kalau ada rapat di KSP kita undang enggak ada masalah,” ungkapnya.

Tidak Beri Selamat ke AHY

AHY dan Moeldoko di Istana Negara Jakarta

Photo :
  • Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden

AHY mengaku tidak sempat berbincang lama dengan Moeldoko saat bersalaman. Memang, AHY awalnya lagi ngobrol dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto. Lalu, Moeldoko datang langsung hormat dan menyalami Hadi serta AHY.

“Oh enggak ngobrol. Yang penting salaman aja, menyambung silaturahmi,” kata AHY.

Tentu, AHY mengaku perasaannya biasa saja seperti orang bersalaman. Hanya saja, kata dia, memang tidak ada ucapan selamat yang terucap dari Moeldoko. Diketahui, Presiden Jokowi melantik AHY menjadi Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024.

“Enggak (ucapan selamat dari Pak Moeldoko). Salaman aja tadi. Biasa saja (perasaan) seperti orang bersalaman, enggak ada masalah,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya